Monday, August 24, 2015

Ternyata Masih Banyak yang Salah Mengartikan Kata-Kata Ini, Gan!


Quote:Canggih
Spoiler for Pertama

Gue yakin kaskuser pernah denger kata ini. Kalo kita mendengar kata canggih, yang terbesit di benak kita pasti hal-hal yang berhubungan dengan teknologi atau berbau modern. Tapi apa kata canggih artinya modern? Ternyata BUKAN. Di Kamus Besar Bahasa Indonesia, canggih artinya banyak cakap, bawel, atau rumit. Terus, canggih yang artinya rumit kok malah bisa berubah artinya jadi hal-hal yang berbau modern? Ini dia alasannya.

Sebelum tahun 2000, pengoperasian komputer bisa dibilang masih rumit. Banyak orang yang kesulitan menggunakannya. Nah, dari situlah banyak yang mengatakan kalo komputer adalah alat yang canggih. Canggih di sini bukan berarti modern, tetapi rumit. Tapi, selama ini banyak yang salah kaprah, gan. Banyak yang mengira kalo penggunaan canggih berarti modern, padahal maksudnya adalah rumit.


Quote:Seronok
Spoiler for Kedua

Kalo yang ini sebagian besar dari kaskuser udah tau biasanya. Tapi akan tetap gue tulis supaya makin banyak yang tau. Selama ini, seronok sering dikaitkan yang negatif. Gue pernah baca tulisan "cara berpakaian wanita itu sangat seronok". Tapi apa penulis tau arti seronok yang sesungguhnya? Kata seronok yang selama ini berkonotasi negatif, ternyata justru punya arti enak dilihat, gan. Entah kenapa sampai sekarang masih banyak orang yang salah dalam menggunakannya.


Quote:Rekayasa
Spoiler for Ketiga

"Adegan yang direkayasa"
Kalo agan baca kalimat di atas, mungkin agan akan mengartikan sebagai adegan yang dibuat-buat. Selama ini, rekayasa sering diartikan sebagai sesuatu yang dibuat-buat, tapi apa agan tau arti kata rekayasa yang sesungguhnya? Setelah gue mencari kata rekayasa di KBBI, akhirnya gue tau kalo arti dari rekayasa adalah penerapan kaidah-kaidah ilmu dalam pelaksanaan (seperti perancangan, pembuatan konstruksi, serta pengoperasian kerangka, peralatan, dan sistem yg ekonomis dan efisien). Jauh banget kan perbedaannya? Rekayasa juga punya arti yang lain yaitu rencana jahat atau persekongkolan untuk merugikan pihak lain. Contohnya gini nih,"ia menjadi terdakwa karena rekayasa yang dilakukan tetangganya"


Quote:Acuh
Spoiler for Keempat

Kata yang satu ini sering diartikan tidak peduli. Tapi apa lo tau kalo arti sesungguhnya dari kata ini adalah peduli? Gak percaya? Bisa lihat di KBBI kok 


Quote:Nyaris
Spoiler for Kelima

"Wah, nilai ulangan gue nyaris 100 nih", kata seorang siswa yang tidak mau disebutkan namanya.

"widiiih, dapet berapa emang?"

"dapet 99 bro", jawabnya.

Penggunaan kata nyaris di atas ternyata salah lho. Kok bisa? Ternyata, kata nyaris hanya digunakan di saat seperti ini, gan. Contoh: nyaris terbunuh/terjatuh/tertabrak. Jadi, lebih tepat saat digunakan di kalimat yang membahayakan.


Quote:Mau
Spoiler for Keenam

"hari ini gue mau pergi, lo ikut gak?", ajak Jason.

Dari kalimat di atas, kita bisa menyimpulkan kalo hari ini Jason akan pergi. Ini yang sering menjadi salah kaprah. Selama ini kita menganggap mau sama artinya dengan akan. Padahal tidak sama! Kata mau harusnya digunakan untuk menjawab kesanggupan seseorang. Contohnya ada di dialog berikut.

"Bro, tolong ambilin hp gue di meja dong"

"ah, gak mau gue, males gerak!"

Nah, penggunaan kata mau di atas adalah benar. Kesimpulannya, kata mau tidak sama dengan kata akan.


Quote:Bergeming
Spoiler for Ketujuh

Apa yang ada di benak agan ketika mendengar kata ini? Kebanyakan orang akan menjawab bergerak sedikit atau malah bergetar? Ini dia salah kaprahnya, gan. Banyak yang menganggap arti dari kata bergeming seperti di atas. Padahal, bergeming itu artinya diam, tidak bergerak sama sekali, lho. Justru kebalikannya, kan?


Quote:Asyik
Spoiler for Kedelapan

"besok libur? Asyik!", teriak seluruh murid ketika mendapat kabar bahwa besok akan libur.

Sepintas seperti tidak ada kesalahan pada penggunaan kata asyik di atas. Tapi ternyata malah salah lho, gan. Asyik sebenarnya bukan kata yang digunakan untuk mengungkapkan perasaan senang. Terus apa dong? Di KBBI, asyik artinya sibuk melakukan sesuatu. Biar gak bingung, gue kasih contoh deh.
Contoh: Roy sedang asyik mengerjakan soal matematika.
Nah, inilah penggunaan kata asyik yang benar. Kalimat ini bisa diartikan Roy yang sedang sibuk mengerjakan soal matematika.


Quote:Nuansa
Spoiler for Kesembilan

Restoran bernuansa Italy.
Dari kalimat di atas, pasti banyak yang mengartikan sebagai restoran yang suasananya seperti di Italy. Selama ini, nuansa sering diartikan suasana. Tapi, apa agan tau, kalo arti sesungguhnya bukan itu? Arti nuansa yang sesungguhnya adalah perbedaan yang sangat kecil/tipis. Pernah ngeliat orang kembar jalan bareng? Biasanya kita akan sulit membedakan satu sama lain. Walaupun sulit, tapi pasti ada perbedaannya meski sangat kecil. Nah, inilah yang disebut nuansa.


BONUS!!!

Quote:Dokter itu menyembuhkan penyakit
Quote:
Ada yang merasa aneh dari kalimat di atas? Di situ ada kata menyembuhkan penyakit. Nah, sebenernya dokter itu menyembuhkan penyakitnya atau orangnya sih gan? Ini dia yang sering jadi salah kaprah. Harusnya kalimat di atas diubah menjadi dokter itu bisa menyembuhkan orang dari penyakit. Bukan malah penyakitnya yang disembuhin. Masa penyakit disembuhin, kan ga mungkin 


Quote:Ayah sedang membakar sate
Quote:
Kalimat ini juga sering diajarkan di sekolah dasar. Tapi apa lo tau kalo kalimat ini sebenarnya kurang tepat? Gue coba pake ilustrasi ya.

Quote:Suatu hari, ada seorang laki-laki yang sedang ngidam sate. Singkat cerita, ia pun pergi ke warung sate terdekat. Sampai di sana, ia langsung menghampiri si penjual sate.

"bang, tolong bakarin 4 sate sama 10 lontong ya", ujar laki-laki tadi.

"siap mas, tunggu di situ ya", jawab penjual sate sambil menunjuk kursi yang ada di dekatnya.

Penjual sate tadi kemudian membakar pesanan laki-laki tadi. Beberapa kali ia mengelap keringat di dahinya dikarenakan api yang cukup besar. Setelah selesai, penjual sate ini mengantar pesanan ke laki-laki tadi. Tapi, alangkah terkejutnya si pembeli ketika mendapati pesanannya hanya berupa abu. Ia pun marah-marah kemudian bertanya kepada si penjual sate.

"bang! bisa bakar sate gak sih?!"

"ya bisa lah, kan saya penjual sate", jawabnya santai.

"lah ini kok cuma abu?!"

"lho, masnya kan tadi bilang tolong bakarin. Nah, hasil pembakaran kan abu mas. Apa saya salah?"


Dari ilustrasi di atas, kira-kira siapa yang salah? Ya jelas pembeli lah. Abang penjual sate hanya memenuhi permintaan si pembeli, yaitu membakar sate. Dan memang benar, hasil pembakarannya adalah abu. Terus, kalimat yang bener gimana dong? Gini, seharusnya kalimat tadi diubah menjadi bang, tolong panggangin 4 sate sama 10 lontong ya. Paham kan? 


Spoiler for Tambahan dari agan lapisgaring

Quote:Original Posted By lapisgaring 
gini gan. orang ngomong pake bahasa itu nggak selamanya sama dengan arti leksikalnya (arti di kamus), tp dihubungkan dengan situasi dan kondisi saat bahasa itu diomongkan. dan kata2 dlm bahasa indo saat ini banyak yg menyempit dan meluas, dan bahkan bergeser maknanya.
karena kondisi di indo saat ini, bakar (misalnya) artinya adalah panggang, maka sah2 saja ngomong "bakar sate" meskipun yg dimaksud adlh "manggang sate".  ane kadang jg suka neliti kesalahan2 kecil yg kurang diperhatikan saat ngomong kyk ente gitu gan. tp ya begitulah bahasa, tdk bisa dilepaskan dg keadaan yg melingkupi.
ada contoh lg gan yg lebih ekstrim. misalnya seorang anak kecil ingin pergi pada malam hari, tp ortunya ngelarang. anak itu terus membujuk ortunya agar dibolehin. akhirnya sang ayah ngomong gini: "udah keluar aja sekarang, sekalian gak usah balik". ini klo anaknya gak paham berbahasa, dia akan keluar beneran. tp klo paham maksud ayahnya ngomong gitu, dia gk jd keluar, karena yg dimaksud adalah larangan keluar meskipun ngomongnya nyuruh keluar. CMIIW 


============

Ini dia salah kaprah yang sering terjadi belakangan ini. Semoga tulisan gue ini dapat dipahami oleh kaskuser dan tentunya dapat membuat Indonesia lebih maju lagi. Oiya, kalo ada yang mau nambahin, gue dengan sangat senang akan menambahkannya. Terimakasih 

============Sumur

No comments:

Post a Comment

Manfaat & Peran PMS Bagi Suatu Perusahaan

Hola gan, bre, sist, nes, dan ho.. Apa kabar semuanya.. Semoga baik-baik aja ya.. To d'point aja ya gan. Tadi malam ane ngebuat trit ten...