Friday, August 21, 2015

Inilah Perbedaan Kondisi Belajar di Belahan Dunia yang Lain


Quote:selamat siang semuanya 
welcome to my thread my adventure
hari ini ane mau ngasih tunjuk agan semua
tentang perbedaan kondisi belajar di dunia
yuk mari silahkan dilihat
ane juga menerima rate, cendol serta bata pemberian agan2
yang penting ngasihnya ikhlas ya wkwk
cekidoooooooot 




Quote:Quote:Inilah Perbedaan Kondisi Belajar di Belahan Dunia yang Lain




Belajar adalah kegiatan yang memerlukan konsentrasi tinggi. Tempat dan lingkungan belajar yang nyaman memudahkan peserta didik untuk berkonsentrasi. Salah satunya adalah ruang kelas yang dirasa nyaman sehingga proses belajar-mengajar menjadi lebih kondusif.

Umumnya ruang kelas yang selama ini kita kenal mungkin berupa meja dan bangku dengan papan tulis di bagian depan. Hanya saja ada yang duduk di lantai, di luar, atau bahkan menggunakan laptop.


Lalu bagaimanakah gambaran ruang kelas di belahan dunia lainnya?

Quote:Quote:KOREA SELATAN

Buku Digital

Korea Selatan sangat bergantung pada media digital dalam pendidikan. Komputer dan internet ditemukan di setiap ruang kelas. Pemerintah juga berencana untuk mengganti semua buku pelajaran dengan ebook. Anak-anak dari keluarga tak mampu memperoleh tablet secara gratis.

Sistem pendidikan di Korea Untuk SD dan SMP semua biaya sekolah ditanggung oleh pemerintah selama 9 tahun. Karena di Korea wajib belajar hanya sampai SMP. Pada tingkat SMU biaya sekolah menjadi tangung jawab masing-masing individu.




Setiap ruang kelas dilengkapi dengan komputer (atau komputer / media podium) yang terhubung ke salah satu sistem proyektor overhead atau layar datar LCD.

Presentasi Power Point, USB dsb adalah hal-hal dasar yang digunakan dalam sistem pembelajaran SD-SMA.




Perjuangan anak sekolah di Korea adalah bagaimana caranya agar bisa diterima di perguruan tinggi.


Quote:Quote:GHANA

Sulitnya Sekolah di Pedesaan

Ruang kelas ini hanya dilengkapi papan tulis dan bangku kayu. Di Ghana, di atas kertas pelajar diwajibkan bersekolah selama sembilan tahun. Tapi banyak anak-anak di pedesaan yang seringnya tidak bisa berbicara bahasa resmi sekolah, yakni Inggris.



Sedangkan sistem pendidikan Ghana sendiri terdiri dari empat tingkatan yaitu pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan tinggi, dan pendidikan non-formal. Pada tingkat pendidikan dasar, pendidikan adalah wajib dan bebas biaya, sebagaimana diatur oleh kebijakan Pendidikan Dasar universal yang wajib dan gratis.





Meskipun kebijakan pemerintah sebelumnya dan saat ini telah membantu meningkatkan standar pendidikan di Ghana, tetap saja masih banyak sekolah yang beberapa bagiannya telah hilang sehingga tidak memiliki gedung sekolah yang tepat, sementara sejumlah besar gedung sekolah atapnya telah bocor.



Namun jangan remehkan semangat tinggi mereka untuk tetap bersekolah meski dalam keadaan apapun.


Quote:Quote:JERMAN

Belajar Menulis dengan TouchPad

Para pelajar di sekolah Jerman ini sangat jarang menggunakan pensil dan buku tulis, melainkan smartboard dan netbook. Tujuannya adalah mempromosikan interaksi digital dan memperkuat kompetensi media diantara para murid.



Sejak dulu, negeri Jerman terkenal unggul di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemajuan iptek tersebut pastinya nggak lepas dari sistem pendidikan yang mantap. Beragam jenjang sekolah dan pelatihan dapat diakses oleh seluruh penduduk, lengkap dengan kurikulum dan tenaga pengajar berkualitas.


Berlin International School

Ratusan universitas dan sekolah tinggi di Jerman pun jadi incaran mahasiswa dari seluruh dunia karena mutunya. Apalagi, gelar dari institusi pendidikan di Jerman umumnya diakui secara internasional.



Nilai - nilai "Ordnung, Disziplin & Pünktlichkeit" adalah ciri khas kebanggaan orang-orang Jerman yang selalu diwariskan kepada anak-anaknya. Yang dimana "Ordnung" yang berarti "ketertiban", "Disziplin" yang berarti "disiplin" dan Pünktlichkeit yang berarti "tepat waktu".


Quote:Quote:IOWA, AMERIKA SERIKAT

Pendidikan Dini di Negara Industri

Di negara-negara industri, bersekolah tidak hanya berarti memperoleh pendidikan dasar. Di Iowa, AS, anak-anak empat tahun ini mendengarnya gurunya secara seksama. 70 persen anak-anak dari negara berpemasukan tinggi sudah memulai pendidikan dini sebelum masuk sekolah dasar. 

Iowa adalah sebuah negara yang terletak di Amerika Serikat Midwestern, suatu daerah sering disebut sebagai “American Heartland”. Iowa adalah negara bagian AS ke-29.

Sedangkan di negara berpemasukan rendah, hanya 3 dari setiap 2 anak yang memulai pendidikan dini seperti ini.




Dunia pra - sekolah adalah dunia bermain, sehingga satu hal yang salah kaprah adalah ketika preschool diidentikkan dengan tempat belajar membaca maupun berhitung. Dimana dunia bermain yang sangat menyenangkan, kreatif dan memungkinkan anak untuk berekspresi dan bereksplorasi yang kondusif demi tumbuh-kembangnya secara optimal.



Tak heran banyak orangtua yang rela membayar biaya berapapun demi menunjang kehidupan preschool. Karena hal itu merupakan salah satu cara untuk memberikan rangsangan pengetahuan, emosional dan interaksi sosial yang tepat sesuai usia sang anak.


Quote:Quote:KENYA

Kurang Dana

Di Kenya, anak-anak bisa bersekolah secara gratis selama delapan tahun. Tapi banyak yang putus sekolah. Kebutuhan akan seragam sekolah, sepatu, buku, dan alat tulis, terlalu mahal bagi kebanyakan orangtua. Ruang kelas sekolah-sekolah negeri berada dalam kondisi menyedihkan dan kelebihan murid. Tidak bisa menjadi tempat belajar yang ideal. Mereka yang mampu mengirimkan anaknya ke sekolah swasta.



Meski pendidikan terbilang murah di Kenya, tetapi sebagian besar anak-anak lebih memilih membantu keluarganya bekerja di ladang, memelihara ternak, memasak dan mengambil air.



Quote:Quote:PAKISTAN

Belajar di Alam Terbuka

Kalau tidak ada gedung sekolah, belajar pun bisa diimprovisasi. Seperti di Pakistan, anak-anak belajar di taman. Pemerintah Pakistan mengurangi anggaran pendidikan dan menginvestasi lebih banyak uang untuk militer. Para murid yang menjadi korban.



Quote:Quote:AFGHANISTAN

Berusaha Memperoleh Pendidikan Dasar

Di Afghanistan, jumlah besar populasi tumbuh besar tanpa akses ke pendidikan akibat perang dan era Taliban. Hanya satu dari setiap empat perempuan bisa membaca dan menulis, dan hanya 52 persen pria yang terpelajar. Tidak ada cukup banyak sekolah di Afghanistan. Baik guru maupun materi pembelajaran tidak mencukupi.


.
Setelah 30 tahun konflik, Afganistan telah menjadi salah satu negara termiskin di dunia. Anak-anak berjumlah sekitar separuh penduduk, dan 25 persen di antaranya meninggal saat berusia di bawah lima tahun. Usia harapan hidup penduduk Afganistan rata-rata 44 tahun.

Masa depan mereka buram, selain itu tak memiliki tempat tinggal tetap, berpeluang kecil untuk mendapatkan pendidikan. Masalah anak jalanan yang tambah gawat di Kabul merupakan salah satu tantangan pemerintah Afghanistan. Hampir dari setengah anak Afghanistan tidak memperoleh pendidikan.




Dibalik semua kejadian itu, hadirlah sebuah sekolah yaitu Sekolah Aschiana yang bersedia membantu ribuan anak yang orang tuanya tidak mampu mengirim mereka ke sekolah biasa. Saat ini ada 8 sekolah yang bermodel sama seperti sekolah Aschiana tersebar di ibu kota Kabul.









Fakta yang terjadi di lapangan tercatat ada 4 juta anak-anak Afghanistan hingga sampai saat ini belum dapat mengenyam pendidikan formal lantaran konflik berkepanjangan.


Quote:Quote:SUDAN SELATAN

Perempuan Yang Kalah

Di Sudan Selatan situasinya mirip. Hanya 16 persen perempuan yang bisa membaca dan menulis. Memberi pendidikan bagi anak perempuan menjadi tujuan utama bagi organisasi-organisasi bantuan asing.



Sudan adalah sebuah negara terluas di kawasan Afrika yang berbentuk Republik (Republic of The Sudan). Sedangkan untuk wilayah selatan, situasi keamanan di Sudan Selatan terus memburuk selama setahun terakhir sejak pertempuran politik antara Presiden Kiir dan mantan Wakil Presidennya, Riek Machar, yang dimulai pada pertengahan bulan Desember 2013.



Sebelum perang, pendidikan dasar hanya mencapai 42 persen dari anak-anak usia sekolah, dan hanya 10 persen yang menyelesaikan pendidikannya. Dan hingga sekarang sudah 400.000 anak-anak yang tidak mendapat pendidikan akibat konflik ini.



Quote:Quote:BRAZIL

Kesenjangan Besar

Murid di pedesaan Brasil seringnya harus belajar di sekolah yang kurang perlengkapannya. Seperti pada foto ini di Monte Alegre. Walau Brasil dianggap sebagai negara industri yang kokoh, kesenjangan antara kaya dan miskin semakin besar. Beberapa warga termiskin di Brasil adalah komunitas petani di wilayah timur laut.



Brasil adalah satu- satunya negara Amerika Latin yang berasal bahasa dan budaya dari Portugal.

Sistem pendidikan di Brasil adalah wajib untuk anak usia 7 sampai 14 tahun. Sekolah umum difasilitasi gratis bagi seluruh warga Brasil, sedangkan sekolah swasta tidak gratis. Pemerintah memberikan 25% dari pendapatan ke sistem sekolah umum dan beberapa ke swasta.







Namun tetap saja sekolah umum yang akan menjadi bangunan tidak terawat. Struktur bangunan, pipa, dan pemanasan sekolah umum biasanya dalam kondisi mengerikan. Banyak sekolah kurangnya peralatan yang diperlukan dan sumber daya.

Kemiskinan dan kurangnya pendidikan berkontribusi terhadap lingkaran setan buta huruf di Brazil. Beberapa daerah dari Brasil memiliki lebih dari setengah dari populasi yang tidak bisa menulis nama mereka sendiri.






Sekolah swasta di negara itu, bagaimanapun, berada dalam keadaan jauh lebih baik sebagai uang lebih banyak diberikan kepada mereka dan guru dididik bekerja untuk lembaga-lembaga ini.

Lalu bagaimanakah kondisi belajar di Indonesia sendiri???
















wah ternyata Indonesia masih lebih bagus  
coba perhatikan dgn seksama, bangunan di Indonesia ternyata terawat dgn baik
dilihat dari foto2 di atas tampaknya ruang kelas yg digunakan
sangat kondusif sekali untuk proses belajar-mengajar  
syukurlah kondisi belajar di Indonesia lebih baik dibanding beberapa negara diatas 
kita semua harusnya ga boleh malas belajar nih
masa kalah sama anak2 dr negara lain yg rela mati2an demi mendapat pendidikan  

tapi kenyataan yang sebenarnya ternyata Indonesia juga ga jauh beda gan  
masih banyak teman2 kita di wilayah lain yang belum merasakan
kondisi belajar yang nyaman dan kondusif itu kayak gimana
masih banyak infrastruktur gedung sekolah yang rusak gan  
















jadi sebenernya kondisi belajar di Indonesia itu yang mana?
   


Quote:Quote:ane mau sharing – sharing dikit nih gan
ane sendiri sempat pulang ke kampung halaman ortu saat kelas 4 SD 
dan kampung ane itu letaknya di NTT 
perasaan saat tiba disana sangat bingung karena suasana pedesaan yg sangat kental
beda dengan yg biasanya ane lihat di kota, hingga suatu saat ortu ane menyuruh agar ane jalan2 ke sekolah di kampung ini
besok paginya pun ane pergi ke sekolah dan saat sampe disana ane kaget bgt
krn keadaan bangunan sekolah yg hanya dr kayu yg rata2 uda pada jabuk dan banyak bolongnya
di dalam kelas ane liat anak2 memang berseragam tetapi tidak memakai dasi bahkan sepatu
karena disana mereka hanya memakai sendal, ada jg yg telanjang kaki

sungguh ini pemandangan yg bikin ane kaget krn kalo di kota pasti uda dihukum krn ga pake atribut lengkap
dan bbrp saat kemudian, pak guru mengajak ane untuk gabung dgn murid lainnya
awalnya ane ga mau krn nda kenal dgn semua org itu, tapi krn merasa nda enak dgn semuanya ane pun masuk ke dalam kelas
dan di dalam kelas pak guru hanya mengatakan "ini ada orang dari kota"
pokoknya ane bingung krn smuanya ngeliat ane kayak org dr masa depan
setelah itu pak guru dan lainnya menyambut ane dengan menyanyikan lagu Potong Bebek Angsa 
yang memang khas dari NTT  

setelah selesai bernyanyi, ane pamit krn nda mungkin ane ikut gabung belajar
niat ane cuma mau jalan2 liat2 aja
dan ane pun keluar kelas sambil senyum2 gaje krn mereka smua ramah
walaupun mrk pake bhs daerah tp saat bertanya ke ane sebisa mungkin mrk make bhs indonesia
sungguh usaha yg keras kayaknya  

setelah itu ane baru sadar kalo sekolah hari itu sudah berakhir sesaat setelah ane keluar
saat ane tanya "itu pelajaran untuk kelas brp"
org2 sekitar bilang "pelajaran untuk anak SD"
ane bingung maksudnya apa, lain ditanya kok lain yg dijawab
mungkin smua anak SD kali ya maksudnya alias dalam kelas itu semua pelajaran di pelajarin sama mereka
yang jelas suasana hari itu jauh dari rasa mencekam kayak guru2 killer yg ngajar wkwk  
ini cerita ane di tahun 2004, dan beberapa tahun kemarin ane balik lagi
ane masih melihat kalo bangunan ini masih saja digunain sbg sekolah SD
pemandangan di kampung pun ga ad yg berubah
masih sama aja, padahal ud di tinggalkan bertahun2
semoga kalo ane ad rejeki dan umur panjang bisa balik ke kampung lagi
dan semoga saat itu nanti sekolah yg dulu sudah bisa berdiri dengan layak dan menarik minat org2 agar mau bersekolah 
amin  


Spoiler for bukti gan ane ga hoax


Quote:Quote:ya semoga aja dana dana segar dari milik APBN
kiranya bisa digunakan dengan maksimal untuk memperbaiki
seluruh infrastruktur gedung sekolah yang rusak
dan juga semoga dana ini bisa digunakan secara benar oleh orang2 yang benar
ya jangan disepik sepik lah dananya
karena lingkungan belajar yg kondusif pastinya juga berpengaruh bagi para komponen2
yang terlibat di dalamnya 





" Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan/atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang "
Quote:Quote:wah makasih ya gan uda main2 ke thread ane 
semoga info2 disini berguna bagi kita semua
mohon maaf apabila ada salah kata ato menyinggung disini
correct me if i'm wrong gan 
jangan lupa komeng2 ya gan 
coba dijawab deh menurut ente kondisi pendidikan di Indonesia ini seperti apa  
cuma nanya basa basi aja gan ga niat serius2 banget wkwkwk
terimakasih buat yg uda rate, share, ngasih cendol ato pun bata
semuanya ane terima kok dgn ikhlas  
oke deh sampai jumpa di thread berikutnya wkwk  


kalo ada yang mau nambah kondisi belajar di negara lain
langsung aja komentar di bawah ya gan 
  
Sumur

No comments:

Post a Comment

Manfaat & Peran PMS Bagi Suatu Perusahaan

Hola gan, bre, sist, nes, dan ho.. Apa kabar semuanya.. Semoga baik-baik aja ya.. To d'point aja ya gan. Tadi malam ane ngebuat trit ten...