Friday, August 21, 2015

Persiapan Tambahan Sebelum Berangkat Haji.




Quote:Assalamualaikum Wr. Wb.
Labbaik Allahumma Labbaik.
Dengan telah diberangkatkannya kloter pertama, menandai dimulainya musim haji tahun ini.
Kloter kloter berikutnya akan menyusul sampai puncak acara pada tanggal 10 Zulhijjah nanti.
Bagi agan agan yang akan berangkat tahun ini, tentunya sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, termasuk hal hal yang paling utama seperti paspor, pakaian ihram, dokumen pelengkap, uang riyal dan sebagainya.
Pada trit kali ini, kita akan bahas benda benda yang mungkin saja terlupakan oleh para jamaah, namun keberadaannya akan berguna jika kita membawanya.




MARI KITA BAHAS
Quote:

ALAT JAHIT & GUNTING.
Beberapa jarum jahit, benang, kancing baju, jarum pentul, gunting akan sangat bermanfaat di perantauan. Siapa tau ada kancing baju yang terlepas, atau baju ihram ibu ibu yang kepanjangan. Gunting juga dibutuhkan untuk mencukur rambut setelah melempar jumrah.

Spoiler for 


BAJU
Bawalah baju yang cocok dengan kondisi di tanah Arab. Pilih yang berwarna cerah dan dari bahan yang menyejukkan badan. Kita tidak perlu repot mambawa baju banyak banyak. Disana baju banyak dijual dengan harga relatif murah, termasuk kain ihram. Dan bagi pria, baju Arab yang panjang itu ternyata sangat bermanfaat dan lebih nyaman dipakai.

Spoiler for 



BOTOL
Botol plastik bekas air minum menjadi sangat penting artinya dalam ibadah Haji. Selain dapat diisi lagi untuk bekal minum atau wudhu, juga penting untuk menggantikan ember ketika berada di Arafah, untuk keperluan istinja. Tapi jangan tinggalkan botol kosong di sembarang tempat! Harus diingat pula, jangan membawa botol kosong saat memasuki masjidil haram atau masjid Nabi, karena barang ini tidak punya izin masuk dan akan disita petugas.

Spoiler for 



TAS JINJING
Untuk membawa barang kita selain koper, siapkan pula tas jinjing. Inilah yang nantinya akan kita bawa serta ke Arafah dan Mina, sedangkan koper akan ditinggal di penginapan. Maka pilihlah tas jinjing yang ringan, mudah dibawa, besarnya cukup untuk membawa barang keperluan dua hari. Yang perlu dimasukkan adalah pakaian secukupnya, alat mandi, sabun cuci, alat penjemur, sajadah / tikar / alas, sarung dan jangan lupa Al Qur'an.

Spoiler for 



JADWAL
Kita perlu tau jadwal kegiatan rombongan kita selama di Tanah Suci, baik itu acara ibadah maupun acara bebas. Jangan sampai kita ketinggalan rombongan, ketinggalan waktu shalat, hanya karena keasyikan belanja.

JEMURAN
Alat untuk menjemur pakaian, seperti tali jemuran yang praktis, jepitan baju, atau penggantung baju. Peralatan tersebut akan sangat berguna baik ketika di penginapan atau ketika bermalam di Mina. Selama dua atau tiga hari di Mina kita punya kesempatan untuk mencuci baju. Di Arab cucian akan cepat kering, meskipun dijemur di dalam kamar. Selain itu, jemuran juga bisa meningkatkan kelembaban udara di kamar.

Spoiler for 




KACAMATA
sebaiknya kita membawa serta kacamata hitam, meskipun mata kita sehat sehat saja. Disana sangat panas dan menyilaukan. Bila kita ingin melihat lihat dengan nyaman, pakailah kacamata hitam. Jangan lupa kacamatanya diberi bertali, agar tidak mudah terlepas saat kita bersinggungan dengan orang banyak.

Spoiler for 



KIPAS
Benda ini dapat membantu menyamankan tubuh di tengah udara yang panas. Misalnya situasi ketika di Mina, Padang Arafah, atau jika kebetulan mendapat angkutan umum yang tak ada AC.

Spoiler for 



MASKER
Ada tempat tempat yang kita diperbolehkan memakai masker, apalagi jika tempat tersebut banyak debu. Masker dapat juga berfungsi untuk meminimalisir penularan penyakit.

Spoiler for 


BUKU NOTES
Banyak sekali manfaatnya, untuk mencatat jadwal perjalanan, sebagai buku harian, mencatat harga barang / jasa, mencatat kejadian unik , kenalan baru dsb.

Spoiler for 


OBAT OBATAN
walaupun ada team medis, namun adakalanya kita sudah cocok dengan jenis obat tertentu. Dapat juga mempercepat pertolongan jika team medis sedang sangat sibuk.

Spoiler for 


PAYUNG
Berguna untuk menghindari sengatan panas matahari secara langsung. Pilihlah yang praktis, bisa dilipat, mudah dibawa dan tidak makan tempat.

Spoiler for 



GUNTING KUKU
Tidak ada salahnya membawa gunting kuku sendiri. Sebelum ihram sebaiknya kuku dipendekkan terlebih dahulu.

Spoiler for 


PETA
Banyak orang yang tak menghiraukan peta, padahal banyak manfaatnya, terutama di tempat terbuka. Banyak jalan yang mirip. Membeli peta jadi atau membuat sketsa sendiri juga bisa menjadi pilihan. Peta jadi banyak dijual di toko toko di Mekkah dan Madinah. Untuk meminimalisir agar tidak tersesat, dan banyak waktu terbuang.

Spoiler for 





Quote:Demikianlah yang dapat saya share kali ini.
Komentar, koreksi dan tambahan info siap diterima.

Keterangan dan tips dari berbagai sumber.
Sumber utama dari buku pintar calon haji Penerbit Gema Insani Press.
Gambar dari Google.


No comments:

Post a Comment

Manfaat & Peran PMS Bagi Suatu Perusahaan

Hola gan, bre, sist, nes, dan ho.. Apa kabar semuanya.. Semoga baik-baik aja ya.. To d'point aja ya gan. Tadi malam ane ngebuat trit ten...