Friday, August 21, 2015

INDONESIA, KREATIF, DAN BISNIS



Quote:Sebagai orang Indonesia kita tentunya wajib bangga dengan segala prestasi yang diraih dari berabgai bidang, mau itu olahraga ataupun olimpiade sains, dan masih banyak lagi. Tapi tau gak sih dari bidang bisnis juga banyak orang yang patut dibanggakan. Karena ditangan orang-orang kreatif ini tumbuhlah bisnis yang beda dari yang lain.

Quote:Tanpa banyak bacot. Langsung aja lah ya

Quote:1. Reza Nurhilman (Maicih)
Spoiler for Reza
]
Pada tahun 2010 usaha Reza melalui makanan kampung “Maicih” menjadi jalan yang diberikan atas jerih payah dan perjuangannya. Setahun setelahnya, impian-impian Reza mulai terwujud satu demi satu.
Berbagai penghargaan Reza dapat dari berbagai institusi atas pencapaian pemuda berusia 26 tahun ini. Hingga sekarang, Reza sibuk memberikan pelatihan-pelatihan untuk menginspirasi anak-anak muda dan mencetak jutawan-jutawan baru dalam meraih impian demi orang-orang yang dikasihi dan bermanfaat bagi masyarakat. Selain itu, Reza pun kerap tampil sebagai pembicara di berbagai kampus di Jakarta dan Jawa Barat, menjadi wakil dari budaya lokal dalam acara-acara tertentu. Reza juga belasan kali diliput atau jadi pembicara di media cetak (majalah dan koran) maupun elektronik di sejumlah tv dan radio di tanah air.


2. Wulan damardono (Shoutcap)

Spoiler for Wulan damardono

Ibu anak satu asal bandung ini memulai usahanya dengan trucker, snapback yang bisa di custom 
ShoutCap adalah (sebuah brand dari produk yang kita sebut sebagai) Wearable Media. Medianya adalah topi. Ya iya, kan namanya ShoutCap. Di ShoutCap orang bebas mengekspresikan dirinya lewat kata-kata atau text yang tertera di topi. Seperti halnya ngetwit di Twitter, di ShoutCap orang bisa nge-shout. Sesuai dengan namanya yaitu ShoutCap, desainnya berupa text, bukan gambar. Maksudnya sih biar to the point. Dan sampai saat ini orang-orang yang pesan ShoutCap cukup nanggep sama maksudnya. Terbukti dari pesanan mereka yang text-nya berkesan to the point, dari yang misuh-misuh, kampanye sampai yang narsis.
Penghasilannya sendiri sudah puluhan juta dan mencapai ratusan juta, ia sendiri sudah ada website resmi sehingga memudahkan orang untuk membeli.


3. Lucky D. Ari (Matoa)

Spoiler for Lucky D. Aria

Lucky D. Aria, anak muda kreatif asal Bandung, menghasilkan karya unik berupa jam tangan kayu, satu-satunya di Indonesia. Berkonsep menggabungkan gaya khas Indonesia dengan urban fashion, jam tangan Matoa siap menyulap pemakainya semakin keren dan dinamis.
Seiring berjalannya waktu ia pun memutuskan untuk memproduksi sendiri bisnisnya dengan konsep custom clothing yang tentunya sangat langka di Indonesia, al hasil ia pun mampu menembus pasar hingga ke luar kota, kini omset perbulan sudah mencapai puluhan juta bahkan ratusan juta, dengan niat, tekad, dan pemikiran yang cerdas ia terus mengembangkan bisnisnya yang di mulai dengan bisnis online ini pun sekarang sudah mempunyai tempat produksi dan store sendiri dan mempunyai 50 karyawan yang terbagi 3 yaitu marketing office, store, dan tempat produksi.

Terdapat 4 pilihan desain yang tentu saja sesuai dengan karakter pemakainya dan suasana. Yaitu, ‘Karo’ untuk Anda yang kasual dan formal; ‘Sumba’ dengan gaya chic dan eksotis; ‘Rote’ dengan kemewahannya dan ‘Flores’ yang simple, clean, and attractive.
Berbahan baku dari kayu berkualitas tinggi yaitu kayu sonokeling dari Indonesia dan maple dari Kanada menjamin kualitas yang prima. Tekstur halus, tahan terhadap benturan dan tekanan yang cukup tinggi serta terpaan air hujan. Saat ini pemasaran jam tangan kayu Matoa masih dilakukan via online dan pameran.


4. Elly Susilawaty dengan ethree shoes (Sepatu Custom)

Spoiler for Elly susilawati

Perempuan kelahiran Garut, 27 Agustus 1967 ini pun berusaha memutar otak, mencari jalan keluar untuk menyelamatkan ekonomi rumah tangganya. Impiannya saat itu sederhana saja. Ia hanya ingin bisa menyekolahkan semua anaknya hingga kuliah. Dikarenakan ia memiliki minat yang besar terhadap sepatu, maka ia terpikir untuk membuat sepatu yang bisa disesuaikan dengan bentuk kaki konsumen.

Elly yang pernah meraih Indonesia Book of Records 2011 dengan rekor Indonesia spesialis produsen sepatu handmade untuk kaki unik dan berbeda ini, sampai sekarang masih belum mau pensiun membuat sepatu. Ia masih aktif menerima konsumen dan mendesain sepatu bagi pelanggannya. Baginya, sepatu adalah bagian dari hidupnya. Ia pun kini juga mengajak anak pertama dan ketiganya untuk ikut berbisnis bersama. Kebetulan, anak ketiganya yang kuliah di Institut Kesenian Jakarta sangat jago dalam mendesain.


5. Victor Giovan Raihan, Bisnis Teh Kempot (Teh yoghurt)

Spoiler for Viktor giovani


Pengusaha makanan satu ini bisa dikatakan sebagai pengusaha muda terkaya. Dengan usianya yang masih 19 tahun, pria yang akrab disapa Giovan ini mampu meraup untung puluhan juta. Hebatnya lagi, Giovan pada saat menjalankan bisnisnya masih berstatus sebagai pelajar di SMA Negeri 1 Kepanjen.

Teh Kempot hasil ciptaan Giovan ini adalah minuman cepat saji yang terbuat dari susu, cincau, buah dan sinom. Dari bahan-bahan itulah yang akhirnya tercipta teh yogurt yang diminati banyak orang. Kini Giovan sudah menjalankan 11 outlet dan 17 outlet yang dikelola oleh mitranya.



Quote:Sekian dari ane gan, intinya kita harus asah lagi kreatifitas kita, karena dari kreatifitas itulah kita bisa melihat celah atau peluang.
Barang kali ada yang mau nambahin. Nanti ane pajang pakiwan.
Sumur

No comments:

Post a Comment

Manfaat & Peran PMS Bagi Suatu Perusahaan

Hola gan, bre, sist, nes, dan ho.. Apa kabar semuanya.. Semoga baik-baik aja ya.. To d'point aja ya gan. Tadi malam ane ngebuat trit ten...