Saturday, August 22, 2015

Faktor Teknis & Non-Teknis Yang Bikin Kendaraan Boros Bahan Bakar




Naik kendaraan bukan cuma nge-gas, nge-rem dan jaga keseimbangan lho...

Kenaikan harga bahan bakar minyak khususnya jenis Premium menuntut pengguna kendaraan harus semakin cerdas dalam berkendara.
Seorang pengguna sebaiknya tidak hanya sekedar mampu mengendarai saja, tapi juga penting untuk memahami penyebab kendaraan menjadi boros.
Berikut faktor yang harus diketahui pemilik kendaraan mengapa kendaraan menjadi boros BBM:

FAKTOR TEKNIS
Beberapa faktor yang ada pada kendaraan kita yang sangat berkaitan erat dengan konsumsi bahan bakar 


1. JENIS KENDARAAN
Spoiler for 
Bagi yang berencana untuk membeli kendaraan, pastikan Anda mengetahui jenis kendaraan yang akan Anda beli dan sesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari. Berkonsultasi terlebih dahulu pada pakar otomotif baik teman maupun penjual kendaraan di dealer.
Jika kegiatan paling banyak dalam kota dan mementingkan waktu cepat maka sepeda motor akan sangat cocok. Namun untuk harian dalam kota bersama keluarga paling banyak maka city car hatchback/sedan hingga low MPV akan sangat direkomendasikan.
Begitu pula sebaliknya, kegiatan paling banyak sehari-hari adalah perjalanan ke luar kota maka kendaraan berkapasitas besar lebih baik. Sebab perjalanan jauh akan memerlukan tingkat kenyamanan berkendara yang lebih baik.
Dari pemilihan tepat jenis kendaraan ini setidaknya akan membantu Anda dalam menghemat pengeluaran untuk BBM. Sebagai catatan, kendaraan bermesin dan tenaga besar akan sangat tidak cocok dipergunakan dalam kota yang padat. Sebab tenaga yang dihasilkan tidak sebanding dengan kebutuhan yang ada.
So,,, udah pasti banget klo pake Ninja RR 150 cc itu bensinnya jd lebih boros di banding motor CBR 150 cc,,, 
Ninja bisa lebih irit asalkan pakenya di dorong yach...



2. MALAS SERVICE KENDARAAN
Spoiler for 
Setiap orang tentunya akan selalu menjaga kesehatan agar bisa melakukan aktifitas. Begitu pula dengan kendaraan yang perlu mendapat service rutin agar performa mesin selalu terjaga sesuai standar pabrik.
Mengabaikan service atau tune-up berkala akan membuat banyak part di dalam mesin berubah meski hanya hitungan milimeter. Perubahan yang terjadi ini akan memiliki pengaruh yang sangat banyak pada efisiensi.
Berikut ini adalah beberapa komponen pada kendaraan yang harus di rawat secara rutin agar konsumsi Bahan bara menjadi lebih irit.



3. KOTOR
Kotoran bukan cuma gak enak di pandang, tapi bikin boros bensin juga lho...
Spoiler for 

- Karburator kotor
Bahan bakar di pom bensin dinilai tidak dapat terjamin kebersihannya. Sehingga dimungkinkan jika bensin akan mengganggu kinerja karborator menjadi tak maksimal. Alhasil, pembakarannya pun bakal kurang maksimal.

- Busi Kotor
Kalo busi kotor, bisa membuat pembakaran bensin tidak sempurna dan hasilnya akan banyak bensin terbuang dan tenaga kendaraan pasti loyo.

- Gas Seret 
Idealnya, gas bakar akan terisap bila piston skep diperintah untuk membuka. Makanya bila kabel seret, skep terangkat melulu dan bensin mengalir terus.
Agar tidak mubazir, segara servis kelancaran kabel gas skep karbu. Cukup diduci pakai cairan pembersih dan dilumasi oli, dijamin gas bakar tidak terbuang percuma.

- Filter Udara Kotor
Filter udara kotor mengakibatkan suplai bensin ke ruang bakar berlebih. Udara yang mestinya bercampur dengan bensin jadi tidak imbang gara-gara terhimpit debu. Di ujung cerita, pasokan bensin tambah boros. 

- Oli Mesin
Pelumasan pada mesin atau oli punya peran penting dalam kesehatan suatu kendaraan. Oli pada kendaraan sama halnya ibarat darah pada tubuh manusia. Kerja mesin yang sangat berat dalam sehari-hari harus ditunjang jenis pelumas yang sesuai spesifikasi. Dan sekali lagi buku manual yang menjadi pedoman.
Penggantian oli mesin harus rutin sesuai ketentuan yang ada. Motor tiap 2.000-3.000 km, mobil setiap 5.000-8.000 km (tergantung pemakaian dan jenis oli). Jika ingin mesin tetap sehat dan terjaga lakukan pemeriksaan perubahan warna oli mesin dengan alat pengukur volume oli mesin. Jangan tunggu sampai warna oli menjadi hitam pekat. 

- Laher Roda Seret
Bola laher seret akibat karat atau permukaan sudah koyak. Akibat pemasangan laher salah pun bisa bikin bensin boros. Contoh kalau dudukan laher di teromol longgar akibat terkikis. Alhasil lingkar dalam laher akan terjepit dengan bos teromol dan menyebabkan putaran tersendat.

- Sil Karet Kaliper Keras
Sil piston kaliper atau sil di batang fleksibel pemegang kaliper sudah keras. Juga penyebab putaran roda seret. Pasalnya kampas rem nggak mau balik setelah master rem ditekan, alhasil tenaga dari mesin untuk memutar roda kurang lancar. Ini juga sebab bensin boros.
Supaya gerak maju-mundur piston di rumah kaliper lancar. “Segera ganti karet sil keras di kedua bagian itu. Jangan lupa lumasi,” wanti Syahbani, mekanik Bany Motor di Kotabumi Selatan, Jakarta Barat.



4. BOCOR
Yang paling utama supaya irit bahan bakar pastinya adalah Tangki tempat bensinnya jangan sampe bocor yach gan... :-D
Spoiler for 

- Hindari Paking Knalpot Bocor
Paking bocor juga bisa bikin boros. Sebab silinder masih butuh tendangan balik (turbulensi) gas bakar yang dilepas lewat pipa knalpot. “Jika paking bocor, tendangan balik berkurang. Gas bakar baru banyak yang terbawa keluar,” lanjut Ign. Ketut yang berencana buka cabang sekolah mekanik P2M Hardex di Makassar.

- Klep bocor
Penyetelan klep motor sangat dibutuhkan. Sebab, klep adalah salah satu penyebab konsumsi bensin boros atau tidak. Apalagi kalau klepnya bocor, tentu memengaruhi konsumsinya.

- Selang Getas Bikin Bocor
Bensin boros nggak cuma disebabkan pembakaran tak sempurna. Tapi slang bensin getas akibat kelewat waktu pakai, juga faktor utama cairan gas bakar ini hilang entah kemana. Soale, slang getas yang diklaim tidak mampu menjepit ke pipa di kran dan karbu, berisiko melepas bensin lewat celah yang sudah longgar.
Jangan lupa dong diganti.

- Ban
Ban atau kaki-kaki pada kendaraan punya peranan penting serta memiliki faktor yang besar dalam keiritan bahan bakar. Ban yang memiliki tekanan kurang akan menjadi beban mesin, sedangkan tekanan angin berlebih akan membuat ringan tapi berisiko ban pecah dan kehilangan daya cengkeram roda terhadap permukaan jalan.
Untuk menghindari hal tersebut untuk angin pada ban sebaiknya menggunakan nitrogen. Karena sifat molekulnya yang lebih padat tentunya tidak akan membuat tekan ban berkurang cepat. 
Banyak juga pengendara yang mengganti ukuran ban-nya jadi lebih besar dengan velg yang lebih besar pula, dan sudah pasti hal ini akan membuat kendaraan kita semakin berat yang akan berimbas pada semakin boros bensin.


[img][/img]
5. KOMPONEN AUS
Spoiler for 

- Piston & Ring Piston Oblak
Klo sampe kendaraan agan Piston & Ring Piston-nya oblak, pasti bakal gak nyaman bang,,, karena pasti berisik di ruang pembakaran dan kendaraan agan akan drop tenagan,,, di gas sampe pol jg gak akan bisa lari kenceng.

- Kampas Kopling Tipis
Kerap kali Em-Plus menegur pemilik motor agar mengganti kampas kopling. Jika kerja pemindah daya nggak maksimal, tenaga dari mesin untuk menyalurkan ke komponen reduksi jadi terbuang percuma.
Enggak heran kalau kampas kopling tipis disebut biang boros bensin. Karena tenaga dari mesin tidak efektif memutar reduksi. Yang ada, bensin banyak dikeluarkan. 

- Sasis Miring
Biar gejalanya sepele, sasis miring juga punya andil dalam urusan boros bensin. Apalagi jika miringnya kelewatan, kayak pemiliknya yang nggak peduli dengan sasis miring.
Menurut Ign. Ketut Hargunanto mekanik P2M Hardek di Pegok, Sesetan, Bali, ada beberapa hal yang bikin seret gir roda belakang. Misal pertemuan gir belakang tidak rata dengan depan akibat sasis miring. Akibatnya rantai susah disetel dan terjadi gesekan paksa antara mata gir dengan rantai.



6. SETELAN TIDAK SESUAII
Spoiler for 

- Setelan Pilot Jet dan Spuyer
Inilah bagian dari karburator untuk mengatur komposisi pencampuran udara dan bensin ke ruang bakar pada mesin kendaraan, salah puter sedikit aja bisa bikin mesin cepet panas, atau malah jadi boros dan bahkan kendaraan gak bertenaga.

- Rantai kendur
Rantai yang kendur biasanya membuat penyaluran tenaga dari mesin ke roda akan terhambat, sehingga menyebabkan tarikan semakin berat dan membutuhkan tenaga yang lebih besar. Tak heran jika kemudian motor itu membutuhkan energi tambahan yang diambil dari bensin yang boros. 

- Salah Mengatur Gir (one set of gear)
Ukuran gear sangat berpengaruh terhadap performa motor. Dalam kondisi baru, pengaturan gir sesuai dengan tenaga mesin dan trek pada umumnya.Dalam pemasangan dan pengaturan sprocket jangan sampai terbalik. dimana pada awal motor di produksi, pengaturan gir pada motor sudah diatur sesuai kebutuhannya yaitu kalau pada jalan yang menanjak maka akan dibuat ringan.Sedangkan untuk trek datar maka akan dibuat agak berat. Jika sampai terbalik, motor akan menjadi boros dan kurang bertenaga.

- Kelistrikan
Sistem kelistrikan standar kendaraan dari pabrik sudah cukup baik. Namun manusia selalu memiliki rasa tidak puas dengan yang sudah ada. Sehingga kini banyak beredar aksesoris untuk menunjang performa daya listrik kendaraan demi meningkatkan konsumsi/efisiensi bahan bakar.
Sistem kelistrikan pada kendaraan dalam pemakaian sehari-hari akan mengalami penurunan daya. Memang hal ini terjadi dalam kurun waktu tertentu tergantung pemakaian. Penurunan suplai listrik ke koil akan menyebabkan kendaraan menjadi boros karena sistem pengapian mesin menjadi berkurang.
Untuk hal itu beberapa perangkat modifikasi sudah mulai tersedia di beberapa bengkel. Di mana berbagai merk yang beredar ini intinya demi menstabilkan arus listrik. Pertama ada yang terangkai di accu dan yang kedua dengan penambahan alat di kabel busi agar arus listrik diperkuat kembali.

- Kabel Massa Kendur
Jangan lihat kabel massa di motor sebagai peranti sepele. Terlebih tunggangan yang mengusung pengapian arus DC. Jika aliran arus di kabel massa tidak maksimal, timbul gejala mbrebet saat mesin bekerja.
“Sebab komponen pengapian tidak didukung arus setrum yang sempurna. Tak ayal gejala mbrebet pun berisiko gas bakar terbuang percuma,” ucap Om Jon, mekanik Saudara Motor yang mangkal Jl. Bangka Raya, Jakarta Selatan. 



7. MODIFIKASI 
Spoiler for 

- Knalpot Racing
Para pengguna knalpot racing biasanya cenderung akan memacu kendaraannya mengikuti suara knalpotnya, mereka sering mengabaikan putaran mesin yang ideal untuk mendapatkan suara knalpot yang menurut mereka merdu
Dengan desain yang lebih plong, saluran buang ini lebih cepat melepaskan gas buang, karena tidak perlu melewati sekat-sekat layaknya knalpot standar.
Selain tenaga mesin yang terasa lebih cepat keluar, suara yang dihasilkan pun lebih nendang (baca : keras), sehingga rider lebih terpacu mainkan gas, buat merasakan tarikan yang lebih dahsyat dan efek suara yang garang. Pelintir gas terus deh, meski motor diem di lampu merah.

- Ban tapak lebar
Lebih stabil, memang betul. Apalagi tampilan, wah gagah…
Hanya efek sampingnya, gesekan karet ban ke aspal juga lebih luas, sehingga mesin perlu tenaga lebih buat memutar roda. apalagi kalo ban tipe kompon lunak, yang gigit banget alias lengket ke aspal. Sudah bikin boros bensin, juga boros ban karena lebih cepat habis komponnya digerus aspal.

- Bobot Kendaraan
Faktor yang membuat kendaraan semakin boros BBM adalah bobot atau berat beban yang harus dipikul suatu kendaraan. Untuk mengetahui bobot maksimal yang dapat dipikul suatu kendaraan tentunya dapat dibaca pada buku manual kendaraan. Jangan sampai melebihi ketentuan jika tidak ingin kendaraan semakin boros BBM.

- Modifikasi
Masih ada kaitannya dengan bobot kendaraan yakni dalam hal modifikasi. Kerap kali orang melakukan modifikasi kendaraan melupakan faktor berat tambahan yang akan terjadi.
Usahakan dalam melakukan modifikasi baik perubahan fisik kendaraan pilih penggunaan bahan yang lebih ringan seperti karbon fiber untuk body dan panel-panel lain.
Pemilihan bahan karbon fiber ini memang sangat mahal ketimbang plastik atau plat namun jauh lebih ringan dan kuat. Kemudian untuk velg jangan hanya tergiur dengan model yang sporty saja tapi berat yang dimiliki harus jauh lebih ringan ketimbang velg standar meski dengan ukuran yang lebih besar.


Bagi yang belum paham, untuk mengatasi masalah teknis pada kendaraan, biasanya kita harus konsultasi kepada para teknisi atau dengan membawanya ke bengkel terdekat.





FAKTOR NON-TEKNIS
Selain kita harus rajin-rajin merawat kendaraan, ada juga beberapa hal selain komponen pada kendaraan kita yang pastinya bakal bikin bensin agan jadi lebih boros.

1. Jenis BBM
Spoiler for 
Selanjutnya tentu adalah pemilihan jenis bahan bakar yang tepat untuk kendaraan. Ada sedikit kaitannya pada point pertama, banyak orang sanggup membeli kendaraan namun tidak pernah membaca buku manual dari kendaraan tersebut. Sehingga tidak mengetahui spesifikasi kendaraan dan mengabaikan instruksi pabrik dalam perawatan.
Sudah tahukah Anda bahwa kendaraan baru yang diproduksi mulai tahun 2000 sudah memiliki standar kadar gas buang Euro 2 minimal. Hasilnya pabrikan membuat spesifikasi mesin dengan tingkat kompresi yang lebih tinggi agar mesin lebih ramah lingkungan.
Dengan demikian kendaraan baik mobil maupun motor dengan spesifikasi nilai kompresi 10:1 hingga ke atas sudah wajib menggunakan jenis BBM non-timbal atau minimal Pertamax. Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai standar akan mempercepat umur pakai mesin dan tentunya boros BBM.


2. Kebiasaan Yang Salah
Spoiler for 
Kemudian yang menjadi faktor borosnya BBM pada kendaraan adalah gaya mengemudi setiap orang. Untuk gaya mengemudi hemat bahan bakar adalah menghindari proses akselerasi dan pengereman mendadak. Kombinasi edua hal yang saling terkait ini sangat mempercepat sedotan bahan bakar.
Selanjutnya jaga jarak antar kendaraan lain juga memiliki peran penting. Selain faktor keamanan dengan menjaga jarak antar kendaraan, Anda memiliki kesempatan mengatur putaran mesin dan pengereman lebih santai dan hati-hati.


3. Kondisi Jalan Raya
Spoiler for 
Pasti sering khan lagi jalan dengan kecepatan, putaran mesin dan kondisi yang optimal tiba-tiba ketemu banyak lubang atau polisi tidur? Nah banyak banget jalanan di indonesia yang kayak gitu.
Setelah semua penjelasan di atas, agan semua pasti tau kenapa lubang atau polisi tidur bikin boros bensin, jawabannya karena kita harus sering-sering mainin gas dan rem yang bikin putaran mesin gak konstan.


4. Banyak Jalanan Yang Harus Puter Dulu
Spoiler for 
Contohnya Jalan-jalan ke ITC depok, pulangnya ke arah Depok timur, tapi saat keluar dari ITC harus puter jalan dulu yang jarak puterannya kurang lebih 2 Km. 
Pastinya akan lebih efisien kalo keluar dari gedung tersebut, nyebrang trus jalan pulang dech tanpa harus cari puteran jalan.


4. Cuaca
Spoiler for 
Mengemudi saat hujan biasanya kendaraan akan sedikit lebih boros, karena biasanya macet lebih parah dan seringkali juga pengemudi harus maini gas untuk menjaga putaran mesin saat lewat daerah banjir.
5. Malas Cuci Kendaraan
[SPOILER=]Lalu membiarkan kendaraan kotor setelah hujan berhari-hari sehingga berubah warna tentu tidak sedap dipandang. Tetapi dibalik itu juga akan membuat kendaraan boros BBM. Kotoran yang menempel dan menumpuk di bagian roda hingga kebagian porosnya akan menjadi halangan dan beban mesin. Jadi jangan malas untuk mencuci kendaraan usai kehujanan.


6. Lokasi Parkir
Spoiler for 
Semakin banyak jumlah kendaraan beredar maka semakin besar area parkir yang dibutuhkan. Untuk hal ini juga jangan dianggap remeh. Sebab area parkir yang panas yang langsung di bawah sinar mata hari bisa membuat boros bahan bakar kendaraan.
Prinsipnya cukup mudah, bahan bakar yang ada adalah berupa cairan yang memiliki titik didih dan menguap. Jika kendaraan dibiarkan terjemur setiap kali parkir maka akan mempercepat penguapan bahan bakar dalam tangki.
Walau penguapan yang terjadi bisa beberapa mililiter tapi coba saja kalikan seberapa sering Anda membiarkan kendaraan menderita di bawah terik matahari. Mengingat saat ini lapisan ozon semakin menipis sehingga panas matahari juga lebih menyengat.
Sudah waktunya pula pemerintah dan berbagai instansi bertindak cerdas dalam menyediakan lahan parkir. Beberapa negara sudah ada yang membuat area parkir di lahan terbuka dengan membuat atap dari panel tenaga surya. Kendaraan yang parkir tidak kepanasan tapi panas matahari menjadi pasokan tenaga listrik tambahan yang berguna.


So,,, semoga berguna gan...
Sumur

No comments:

Post a Comment

Manfaat & Peran PMS Bagi Suatu Perusahaan

Hola gan, bre, sist, nes, dan ho.. Apa kabar semuanya.. Semoga baik-baik aja ya.. To d'point aja ya gan. Tadi malam ane ngebuat trit ten...