Saturday, August 15, 2015

Apa kabar motor listrik? Ini sejarah dan perkembangannya



Geliat ranah industri otomotif sepertinya tak melulu hanya memikirkan model serta kubikasi mesin. Beberapa pabrikan pun mulai memikirkan konsep yang berbeda dan ingin menciptakan kendaraan yang ramah lingkungan untuk kalangan umum, tak hanya sekedar konsep atau purwarupa.
Beberapa pabrikan Asia dan Eropa pun mulai melihat lahan untuk menggunakan konsep motor bertenaga listrik semakin terbuka lebar. Pabrikan-pabrikan besar semisal Yamaha, Honda, BMW, KTM, serta Toyota nampaknya mulai mengembangkan motor bertenaga listrik untuk dijual secara massal.
Melihat segmen pasar yang potensial ini pun model yang digunakan tak jauh beda dengan motor berbahan bakar bensin. Hanya saja beberapa perusahaan yang berani menyediakan infrastruktur charger untuk pengisian energi motor masih belum terbuka. Pertimbangan lain tentunya dari harga yang ditawarkan harusnya lebih kompetitif dari harga motor berbahan bakar bensin. Nah, mungkin inilah yang terkadang menjadi hambatan bagi pengembangan beberapa motor listrik.
Namun begitu, beberapa prototipe motor listrik pun telah dapat dilihat secara umum, bahkan pasar motor di dalam negeri pun belakangan diramaikan dengan kehadiran ZERO. Motor listrik yang didatangkan langsung oleh Garansindo, sang Agen Tunggal Pemegang Merk telah resmi dirilis sejak bulan September 2014 silam, seperti yang telah diberitakanotomotif kompas.
Sebuah riset yang dilakukan Pike Research mengatakan kalau pertumbuhan sepeda motor listik di seluruh dunia akan berkembang pesat di masa datang. Dari 17 juta unit di tahun 2011 diprediksi meningkat menjadi 138 juta unit pada tahun 2017 nanti.
"Sepeda motor dan skubek listrik memiliki daya tarik yang kuat bagi konsumen," terang Dave Hurst, Senior Analyst dari Pike Research seperti dikutip otomotifnet dari Autoevolution.
Biaya operasional yang relatif lebih rendah membuatnya menarik untuk penduduk perkotaan yang rutin beraktivitas. Dilihat dari sejarahnya sejak tahun 1911 hingga era millennium di 2010, motor listrik telah mengalami berbagai macam evolusi. Berikut beberapa pergerakan evolusi motor listrik di dunia seperti diberitakan indoenergy.
  • 1911: Kemunculan sepeda motor listrik pertama, berdasarkan artikel Populer Mechanics.
  • 1920: Ransomes, sebagai produsen forklift, meneliti penggunaan sepeda motor bertenaga listrik. Hal  ini dan perkembangan lainnya membantu membuka jalan bagi berbagai perusahaan untuk menggunakan kereta dan lori listrik di pertambangan.
  • Awal 1940-an: Penjatahan bahan bakar di Amerika Serikat mendorong Earle Williams mengkonversi sepeda motor berbahan bakar bensin menjadi bertenaga listrik. Ini menjadi bentuk awal bagi ParCar dari Marketeer Company.
  • 1941: Penjatahan bahan bakar saat Pendudukan Eropa mendorong perusahaan Belgia yang bernama Socovel (SOciete pour l'etude et la COnstruction de Vehicles ELectriques) membuat sepeda motor listrik kecil. Saat itu hanya diproduksi sekitar 400 unit.
  • 1967: Sepeda motor listrik bertenaga fuel cell pertama kali dibuat oleh Karl Kordesch di Union Carbide.
  • 1967: Protoripe sepeda motor listrik "Papoose" dibuat oleh Indian Motocycle Company di bawah arahan Floyd Clymer.
  • Awal 1970: Sepeda motor berukuran mini, Aurenthetic Charger, mulai dipasarkan.
  • 1973: Mike Corbin pertama kali mencatat rekor kecepatan sepeda motor listrik, yaitu 101 mil per jam (163 km / jam).
  • 1974: Corbin-Gentry Inc mulai penjualan sepeda motor listrik yang legal di jalanan.
  • 1978: Sepeda motor listrik Harley Davidson MK2 yang diciptakan oleh Transitron diproduksi di Honolulu, Hawaii.
  • 1988: Eyeball Engineering menciptakan KawaSHOCKi dragbike listrik.
  • 1996: Peugeot Scoot'Elec merupakan sepeda motor listrik yang pertama diproduksi secara massal.
  • Akhir 1990-an: EMB Lectra VR24 merupakan sepeda motor listrik yang mempelopori penggunaan variable reluctance motors (karenanya disebut VR) dan dipasarkan sebagai kendaraan yang legal di jalanan.
  • 2000: Killacycle membuat rekor kecepatan 152 mph (245 km / jam) sejauh 400 meter di Woodburn Drags 2000.
  • 2000-an: Pengembangan baterai lithium-ion dan motor listrik yang powerful (awalnya untuk aplikasi militer) sehingga membuat sepeda motor listrik menjadi lebih layak.
  • 2007: Killacycle, ditenagai A123 Li-Ion, membuat rekor baru 7,824 detik dan 168 mph (270 km / jam) sejauh 400 meter di Phoenix, pada AHDRA 2007.
  • 2008: Electra Green dibuat oleh Orlando Tony Parker di Omaha, Nebraska merupakan sepeda motor listrik pertama yang dibuat di negara bagian Nebraska.
  • 2009: "The 24 Hours of Electricross", lomba sepeda motor listrik dirtbike yang pertama.
  • 2009: Time Trial Xtreme Grand Prix (TTXGP) yang pertama kali, diadakan di Isle of Man, Britania Raya.
  • 2010: ElectroCat merupakan sepeda motor listrik pertama yang mendaki Pikes Peak dan mencatat rekor waktu di Pikes Peak International Hill Climb.

Sumber Tenaga

Umumnya, sumber tenaga motor listrik adalah baterai. Namun teknologi fuel cell yang telah berkembang mampu menciptakan sumber tenaga untuk beberapa jenis prototipe motor listrik baru. 
Contohnya: 
ENV dari Intelligent Energy, skuter Honda menggunakan Honda FC Stack, dan Yamaha FC-Aqel. Dan beberapa varian hybrid, seperti Ecycle, dan Yamaha Gen-RYU.
Melalui perkembangan teknologi yang konsisten, motor listrik pun kini mulai diaplikasikan dengan berbagai jenis, mulai dari jenis skuter, motor sport, maupun yang berkonsep compact. 
Berikut beberapa jenis motor listrik yang merupakan hasil riset dan pengembangan beberapa pabrikan otomotif dunia.

Fuel cell
© wikipedia

Motor listrik super

Nama Voxan Wattman pastinya masih awam ditelinga para pengguna motor di Indonesia. Motor listrik konsep Voxan Wattman adalah motor listrik yang dikembangkan di Monaco. Walau masih dalam proses pengembangan, Voxan Wattman telah dihadirkan di hadapan publik pada pameran otomotif Salon de la Moto Show 2013 di Paris, Prancis.
Seperti dilansir dari oto-id, motor listrik Voxan Wattman mampu berakselerasi dari kecepatan 0-100 km/jam dengan waktu 3,4 detik. Untuk berakselerasi dari 0-160 km/jam hanya dibutuhkan waktu 5,9 detik saja. Top speed motor ini sendiri mampu mencapai 170km/jam.
Honda sendiri dikabarkan tengah mengembangkan motor listrik super dengan konsepsportbike, namun begitu belum ada pemberitaan detail tentang spesifikasi mesin yang akan diusungnya.

Motor listrik Voxan Wattman
/autogyaan.com
Motor listrik Honda
/jackbiker.com
Zero electric motorcycle
/jackbiker.com

Motor listrik skuter

Varian pada segmen ini mungkin yang paling banyak diciptakan. Pabrikan raksasa seperti BMW, KTM, Mini, Honda, dan Yamaha pun telah mulai mengembangkan motor listrik varian ini. Selain lebih sederhana, motor listrik jenis ini pun nampaknya cukup sesuai apabila digunakan untuk menunjang aktivitas masyarakat perkotaan.

BMW e-scooter C evolution
/news.discovery.com
KTM e-Speed
/wired.com
Mini e-Scooter
/bmwblog.com
Honda EV neo
/motorcycle-usa.com

Motor listrik compact

Selain simple, motor listrik dengan desain yang compact pun hanya memiliki kubikasi mesin yang sederhana, bahkan cenderung kecil. Motor listrik jenis ini memang diperuntukkan untuk menunjang kebutuhan olahraga ringan.

Husqvarna Unveils E-go Electric Bike Concept
/news.softpedia.com
Electrik bike otoped
/merdeka.com

No comments:

Post a Comment

Manfaat & Peran PMS Bagi Suatu Perusahaan

Hola gan, bre, sist, nes, dan ho.. Apa kabar semuanya.. Semoga baik-baik aja ya.. To d'point aja ya gan. Tadi malam ane ngebuat trit ten...