Tuesday, September 1, 2015

Cara Menambahkan Kemampuan Berkomunikasi



Quote:Setelah awalnya bikin id kaskus cuma ikut-ikutan, akhir nya awal taun pecah telur SR ane  dan akhirnya ane buat thread juga

Quote:Moga-moga ga repost soalnnya sumur ane juga baru 3 hari yang lalu ngepostnya 

Quote:Setiap hari pasti agan-agan disini ngelakuin yg namanya komunikasi tiap hari entah itu verbal ato non-verbal. tapi beberapa orang kadang mempunyai masalah dalam berkomunikasi, kadang kalo lagi ngobrol sama orang tiba-tiba diem jadi awkward ato secara ga langsung hal yg kamu lakuin bikin lawan bicara agan ga respect sama agan.

Disini lah TS yang baik hati ini mau memberikan informasi apa aja sih yang bisa menambah kemampuan agan dalam berkomunikasi.
.


Quote:1. Perhatikan Bahasa Tubuh
Spoiler for Body Language


Ini yang paling standar dan pasti banyak agan yg bilang "ah, ini sih gua juga tau", tapi emang ini faktor yg cukup penting ketika lo ngobrol ama seseorang ato bahkan interview kerjaan. Ngaku nya lagi ngobrol tapi mata lu kemana mana, ato ketika tangan ato kaki goyang-goyang itu nunjukin gelisah dan gak nyaman, pokoknya pelajari soal bahasa tubuh karena menurut informasi orang lebih sering menggunakan bahasa tubuh daripada bahasa verbal untuk menjelaskan maksudnya.Karena udah cukup banyak situs yang jelasin secara rinci tentang bahasa tubuh jadi ane ga jelasin rinciannya disini.


Quote:2. Buang Kata Jeda Yang Tidak Penting
Spoiler for Get Rid of Unnecessary Conversation Fillers



Umm, eee, nggg, anuu, ato jeda kata panjang biasanya dilakuin biar memperlancar omongan ketika lu berusaha inget n mikir sesuatu, ntah itu obrolan sehari-hari ato bahkan ketika elu presentasi. Tapi percaya engga kata-kata itu terdengar elu gak percaya diri dan ga enak juga di denger sama orang lain. Buat ngilangin kebiasaan ntu pertama saat ngomong lu mesti rileks, lebih baik berhenti sejenak, tetap tenang dan berbicara dengan pelan tapi tetap jelas, yang terakhir adalah latihan.



Quote:3. Buat Daftar Obrolan Ringan/Basa Basi 
Spoiler for Have a Script for Small Talk and Other Occasions


Kadang ketika lu lagi asik ngobrol sama orang tiba-tiba topik obrolan abis dan terjadi kesunyian yg bikin lu mati kutu bingung mau ngomong apa lagi. Disini ada yang namanya metode FORD (bukan mobil) yang merupakan kepanjangan dari family, occupation, recreation, dreams yang artinya keluarga, pekerjaan, rekreasi, dan cita-cita ato mimpi. Dari topik ini biasa nya obrolan jadi cenderung mengalir ato bahkan elu jadi nemuin kesamain dalam suatu hal dengan lawan bicara lu. Yang penting jangan nyari topik yang sensitif buat tu orang misalnya nanyain mahasiswa tingkat akhir kapan lulus, ato nanyain kapan nikah ke orang yg masih bujang umur 25+ , yang ada malah tu orang nggerutu di dalem hatinya "kampret ni orang" 


Quote:4. Ceritakan Sesuatu Yang Menarik
Spoiler for Tell a Story




Seni bercerita (story telling) adalah sesuatu yang sangat penting karena dapat mengaktifkan kinerja otak dan emosi. Orang yang pandai bercerita dapat memiliki banyak orang yang suka padanya, bahkan menyisipkan sebuah cerita dalam suatu presentasi akan membuat presentasi tersebut terlihat lebih bagus. tapi, cerita yang datar dan tidak menarik akan membuat lawan bicara anda bosan. Perbedaan cerita yang menarik dan membosankan adalah ada tidaknya emosi yang terdapat dari cerita tersebut. Kalo mau belajar story telling pasti kebanyakan sepuh dikaskus yg sering bikin trit uda pada master-master ato ga pantengin aja forum heart to heart ntar agan ngerti sendiri gimana cerita yg bawa emosi mana yg biasa aja. Jangan lupa ketika bercerita ekspresi dan intonasi bicara lu mesti kayak cerita lu, masa bawa cerita sedih tapi muka lu cengengesan.


Quote:5. Bertanyalah atau Ulangi Pernyataan Lawan Bicara
Spoiler for Ask Questions and Repeat the Other Person



Jujur aja dah, pasti pada kesel kan kalo lu udah cerita panjang lebar ternyata lawan bicara lu diem aja ga nanggepin, gak ngerti apa yg lu omongin atau malah gagal paham kalo bahasa kekiniannya. Kalo dia udah selesai cerita tanya aja sesuatu soal apa yang dia ceritain, tanya kalo lu ga ngerti apa yg diomongin lawan bicara lu, atau lu ulangin pernyataan doi buat ng klarifikasiin omongannya dia. Dari situ lu terlihat kalo elu merhatiin apa yg diomongin, dan dia bakalan respek tentunya sama lu. Kalo kata sumur ane lebih baik elu yang tertarik dari pada lu berusaha terlihat menarik.


Quote:6. Jauhkan Hal-hal Yang Mengalihkan Perhatian
Spoiler for Put Away the Distractions



Ini yg masih sering ane lihat sampe sekarang, bahkan mungkin agan juga liat atau tanpa sadar ngelakuin hal ini. Emang era modern ini dari mulai bocah sd ampe yg udah bangkot pasti make gadget smartphone. Pernah kadang ane lagi ngumpul nih, temen ane yang satu cerita, eh tiba-tiba temen ane yang satu lagi ngakak sambil ngeliat smartphone terus nunjukin hal lucu yg dia liat di gadget nya itu, otomatis temen ane yg lain pada ikut beralih perhatian ke gadget temen ane yg , gila itu matiin obrolan abis, kebayang kaga perasaan temen ane yg lagi cerita, mau ngelanjutin ceritanya lagi juga males. Jadi mendingan kalo lagi ngobrol lu silent hp lu jangan lu dikit-dikit cek hp. Emangnya lu mau digituin. kecuali kalo pengalih perhatiannya ada yg cakep lewat itu malah bisa jadi topik baru  , tapi jangan lu lakuin ama bokin lu gan, bisa perang dunia nantinya 


Quote:7. Perhatikan Dengan Siapa Kamu Bicara
Spoiler for Tailor Your Message to Your Audience



Komunikator yang hebat pasti berbicara berdasarkan siapa yang dia ajak bicara, cara bicara elu ke orang tua lu, pacar lu, temen lu aja pasti beda. Jangan lu bocah SD ditanyain udah punya pacar belum, ntar kalo gara elu nanya gitu dia jadi pacaran terus salah gaul. Kan pernah ada yg ngomong yg enak ga selalu bener . Terus perhatiin juga omongan lu , lu mesti nempatin posisi lu sebagai dia kalo lu mau nanya ato cerita sesuatu, kayak yg ane bilang dinomer 3 , jangan nanya pertanyaan sensitif buat lawan bicara lu.


Quote:8. Pembicaraan Harus Jelas
Spoiler for Be Brief Yet Specific



Ketika lu berbicara, lu mesti berbicara dengan jelas jangan kecepetan, jangan kenceng, yang penting jelas. Semua harus jelas, cara penyampaian, maksud cerita, arah lu ngomong mau kemana, biar orang yang lu ajak ngomong ngerti dan percaya ama omongan lu. Pernah gua temuin gini adek gua debat sama nyokab gua karena menurut adek gua informasi yang disampein sama gurunya lebih jelas daripada yg dia dapet dari nyokab gua. jadi intinya ketika lu berbicara dengan jelas maksud dari omongan lu bakal tersampaikan dan lebih bisa diingat dari pada yg kaga. Di sumur ane ada 7C dalam berkomunikasi nanti ente liat aja, soal nya kalo ane jelasin udah kayak bikin trit didalam trit (threadception cieehh )


Quote:9. Naikkan Rasa Empatimu
Spoiler for Up Your Empathy



Menurut KBBI empati adalah keadaan mental yang membuat seseorang mengidentifikasi atau merasa dirinya dalam keadaan perasaan atau pikiran yang sama dengan orang atau kelompok lain. Terus apa bedanya ama sodara nya simpati (bukan gsm). Simpati ama empati sebenernya 11 12, cuma kalo simpati merasakan apa yang dirasakan orang lain dengan cara kita, kayak misalkan temen lu kemalingan motor, kalo simpati yg biasanya di lakuin ngasih saran, nyabarin yg kehilangan, nanyain gimana ilangnya. Tapi kalo empati lu ngerasain gimana posisi lu sebagai yg kehilangan, lu mungkin bakal bantuin ngelaporin polisi, nemenin dia ngurus ini itu seakan-akan lu yg kehilangan. CMIIW ane juga baru tau pas nulis ni trit 


Quote:10. Jadilah Pendengar Yang Baik
Spoiler for Listen, Really Listen



"Percakapan atau obrolan merupakan sekumpulan kata yang terkumpul secara elegan dan terhubung melalui pendengaran". Jadilah pendengar yg baik perhatikan saat orang berbicara dan usahakan tidak memotong pembicaraan. Walaupun gaya bicara lu sama lawan bicara lu ga cocok, yg penting lu berdua saling memerhatikan satu sama lain ketika bicara atau lu yg mulai duluan jadi pendengar yg baik dengan gitu orang lain bakalan respect sama lu dan mungkin dia ngelakuin hal sama ke elu. Inti dari 9 cara diatas ga akan berhasil kalo lu ga nerapin yg satu ini, walaupun susah dan ane liat masih banyak orang yg suka motong ato ganti topik tiba-tiba saat orang lain lagi cerita. Tapi orang akan lebih ngehargaian lu bicara kalo elu dengerin apa yg dia omongin. Kalo lu gak suka omongan dia tunggu aja ampe selesai atau jeda walaupun lu kesel setengah mati, baru dah lu alihin topiknya, daripada lu motong ditengah. Hargain orang lain sebelum lu pengen dihargain sama orang lain


Sekian thread yang TS sampaikan
Mohon maaf bila ada kesalahan pada tulisan maupun penyampaian, CMIIW


Lompat Ke Sumur
Sumur

No comments:

Post a Comment

Manfaat & Peran PMS Bagi Suatu Perusahaan

Hola gan, bre, sist, nes, dan ho.. Apa kabar semuanya.. Semoga baik-baik aja ya.. To d'point aja ya gan. Tadi malam ane ngebuat trit ten...