Sunday, September 27, 2015

Ada Unggas di Logo 8 Klub Inggris, apa makna ?


Quote:

Logo sebuah klub sepakbola sejatinya mewakili identitas dan kebanggaan sebuah klub. Sebuah logo biasanya menampilkan nama, warna, motto, maskot, sejarah, tradisi, atau simbol geografis.

Di era sepakbola modern fungsi logo di klub sepakbola mengalami pergeseran nilai, tidak cuma sekedar berfungsi sebagai identidas melainkan menjadi brand dan merk dagang. Pergeseran nilai ini membuat sisi estetika, keindahan dan konten sebuah logo secara visual makin dipertimbangkan.

Burung dan unggas secara fisik dan kebiasaannya secara filosofis sering dikaitkan dengan kesetiaan, kekuatan, keperkasaan dan kejayaan.
Di Liga Premier tercatat ada 8 klub yang pernah dan masih menggunakan unggas sebagai lambang dan icon mereka, berikut ulasannya.


Quote:1. Liverpool



Klub sukses Inggris yang didirikan oleh John Houlding ini menyematkan burung Hati (liverbirds) sebagai lambang kebanggannya.
Awalnya, burung ini dikenal sebagai segel resmi Kota Liverpool yang berada di British Museum tahun 1350-an. Pada abad ke-17, berkembang cerita yang mengaitkan asal burung tersebut dengan cormorant, spesies burung laut yang sering ditemukan di perairan teluk dekat Liverpool.

Versi lainnya adalah, kata liverbirds diasumsikan dari ucapan The Earl of Derby kala menghibahkan sebuah tongkat kebesaran dengan ucapan “engraved witha leaver”. Ucapan terkenal ini yang selanjutnya dijadikan nama liverbirds. Sedangkan keterangan lain dari sebuah buku manual tentang lambang menyatakan, liverbirds berasal dari pelesetan Bahasa Belanda 'lefler' yang bermakna spoonbill atau sejenis burung mirip bangau yang ukurannya agak kecil.

Liverbirds makin dikenal masyarakat luas tatkala tahun 1911 Royal Liver Friendly Society membangun markas besarnya di pusat kota Liverpool, tepat di ujung dermaga yang menghadap ke sungai Mersey. Di atas gedung The Liver Building itu diletakkan menara jam kembar dengan dua patung burung cormorant yang tak lain adalah liverbirds di tengahnya.

Banyak mitos modern telah berkembang mengenai asal-usul burung Hati, namun secara luas bahwa Burung Hati itu dipercaya bertugas menjaga dan melindungi rakyat Liverpool dan jika mereka pergi, maka sungai Mersey akan terbelah dan membanjiri kota
.
Pada tahun 2008, Liverpool FC mencoba untuk menuntut hak cipta untuk gambar burung hati, tetapi mereka gagal dalam usaha mereka karena dianggap bahwa burung Hati itu milik semua rakyat Liverpool dan tidak satu perusahaan atau organisasi. Gambar burung Hati juga digunakan oleh beberapa organisasi lain.


Quote:2. Manchester City



Manchester City menggunakan lambang klub berupa elang emas berperisai biru sejak tahun 1997. Perisai tersebut sebagai perlambang kanal kapal Manchester dan kota tiga sungai yang diwakilkan oleh tiga garis diagonal pada bagian bawahnya.
Selanjutnya, pada bagian bawah lambang terdapat sebuah pita berbahasa latin Superbia in Praelio. Secara harfiah, maknanya adalah kebanggaan di pertempuran. Sedangkan tiga bintang di atas elang emas tidak memiliki arti, hanya bagian dari pemanis saja.


Quote:3. Crystal Palace



Julukan awal Crystal Palace adalah The Glaziers. Julukan The Eagles baru digunakan saat Palace dimanajeri Malcolm Allison di era 1970an saat Palace mulai memakai Elang sebagai lambang mereka setelah terinspirasi klub Portugal Benfica. Selain itu, setiap jelang kick off pertandingan home Palace juga akan selalu diterbangkan seekor burung Elang bernama Kayla yang menjadi simbol klub.

Crystal Palace tidak memiliki logo selama 40 tahun awal berdirinya klub. Nama Crystal Palace sendiri sebenarnya merupakan sebuah bangunan megah yang terbuat dari besi dan kaca tempat diselenggarakannya Great Exhibition pada 1851. bangunan itu begitu terang dan tak membutuhkan pencahayaan dalam sehingga mendapat julukan sebagai istana kristal.

Logo pertama Palace adalah bentuk bangunan itu dengan tulisan nama klub. Sempat diganti menjadi tulisan saja, logo Palace mengalami perubahan besar pada 1973.

Malcolm Allison yang menjadi manajer memperkenalkan logo dengan gambar istana, nama klub serta gambar elang sesuai julukan klub The Eagles. Pada 1990-an, Chairman Ron Noades mendesain ulang logo itu menjadi lebih agresif.


Quote:4. Cardiff City



Cardiff merupakan tim pertama yang berhasil membawa keluar Piala FA dari tanah Inggris. Mereka juga sangat bangga dengan asal mereka yang dari Wales.

Motto pertama mereka adalah bahasa Wales ‘Y ddraig goch ddyry gychwyn’ yang 'berarti naga merah akan menunjukkan jalan'. Julukan The Bluebird muncul pada awal 1900-an karena ada lagu berjudul Bluebird yang terkenal kala itu. Kebetulan, Cardiff memang memakai jersey berwarna biru.

Kehadiran pemilik baru asal Malaysia membuat Cardiff mengubah lagi logo mereka. Naga merah dikembalikan ke logo dan motto mereka adalah Fire & Passion.

Tetapi perubahan logo dan warna ini menuai protes fans fanatik Cardiff City. Mereka menyuarakan di setiap pertandingan Cardiff dengan seruan “Cardiff is Blue! Not Red! We wan our club back!”.

Protes keras fans Cardiff sejak tahun 2011 ini akhirnya berbuah manis. 10 Januari 2015 pemilik klub akhirnya kembali mengganti logo naga merah dengan blue bird dan jersey kandang kembali menjadi biru.


Quote:5. Norwich City



Logo Norwich selalu menggunakan gambar burung kenari yang merupakan logo kota mereka. Burung ini sebenarnya baru datang ke Inggris pada abad 15 ketika para pedagang mengimpornya dari karibia.

Kenari Norwich adalah kenari yang pertama di perkenalkan di inggris pada tahun 1850. Kenari ini sering di panggil "John Bull" yang diambil dari kata "Rebost or Bullish" yang maksudnya adalah kenari yang gempal seperti banteng.

Nama The Canaries bagi klub pertama kali diutarakan oleh manajer John Bowman pada 1905. Nama julukan itu bertahan hingga saat ini.
Pada 70-an, ada kompetisi untuk mendesain logo klub. Logo pemenang itu menjadi logo klub hingga saat ini. Seekor burung kenari berdiri di atas bola serta ada gambar singa kerajaan Inggris.


Quote:6. Tottenham Hotspur



Totenham Hotspur Football Club merupakan klub sepakbola Profesional Liga Premier Inggris yang bercokol di London utara. Klub yang berdiri tahun 1882 ini dijuluki Spurs atau The Spurs. Sementara, supporter mereka memanggil dengan nama The Liliwhites karena kostumnya yang berwarna putih.

Ayam jantan dipakai karena pada kakinya terdapat taji yang dalam bahasa Inggris berarti spurs yang sesuai dengan nama klub. Simbol ayam jantan ini mulai muncul di jersey klub pada final FA Cup 1920/21.
Gambar ayam jago dengan taji ke atas berdiri di atas bola sejatinya sudah dipakai Spurs sejak tahun abad 20. Harry Hotspur yang merupakan inspirasi nama klub memilih logo itu sendiri.

Kemudian James Scott mengembangkannya, si pembuat lambang, hanya membuat cor perunggu berbentuk ayam jantan yang diletakkan di bagian barat stadion. Dari sini, ayam jantan mendapat kehormatan menjadi lambang klub.
Tahun 2006, pihak klub memperbaharui logo tersebut dengan ayam jantan yang lebih muda dan bugar. Dengan harapan, semangat para pemain Totenham ini semuda dan sebugar ayam jantan sebagaimana mottonya: Audere est Facere atau To Dare is To Do.


Quote:7. West Browich Albion



West Brom mungkin adalah salah satu klub pertama yang memiliki logo sendiri. Pada 1880 klub ini sudah memilih gambar burung throstle / burung murai sebagai logo mereka. Ide ini diberikan oleh sekretaris klub saat itu, Tom Smith. Pasalnya pub tempat mereka berganti seragam jelang pertandingan selalu memelihara burung murai.

Dari sinilah julukan awal bagi WBA The Throstles berasal sebelum kini berjuluk The Baggies. Saat klub pindah ke stadion The Hawthorns, lambang klub dimodifikasi menjadi burung Murai yang sedang bertengger di atas dahan pohon Hawberry (Hawthorns), sebuah lambang yang bertahan sampai sekarang.

Di akhir dekade 1930an, pengurus klub sempat meletakkan burung Murai beserta sangkarnya di pinggir lapangan setiap pertandingan, dan dikatakan bahwa burung tersebut akan selalu bernyanyi jika WBA menang. Untuk saat ini, tradisi tersebut diganti dengan maskot bernama Baggie Bird yang selalu menyambut tim dan menghibur penonton.

Adapun julukan The Baggies diberikan oleh fans rival mereka Aston Villa karena banyaknya fans WBA yang mengenakan celana panjang longgar (baggy) saat bekerja di pabrik untuk menghindari percikan panas logam. Meskipun demikian, sejarawan klub Tony Matthews berpendapat bahwa nama The Baggies berasal dari kata bag (tas) karena dulu ada seorang pekerja klub yang membawa tas kulit besar sambil berkeliling stadion untuk menjual official matchday programme.

Perubahan terus terjadi, termasuk penambahan perisai berwarna biru tua dan putih. Hari ini, cabang hawthorn tak digambarkan secara utuh. Selain itu, ada nama klub dalam logo mereka.


Quote:8. Newcastle United



Newcastle United dijuluki “The Magpies” yang diambil dari “Magpie”, burung sejenis gagak berbulu hitam-putih dengan ekor yang panjang. Selain itu mereka juga mempunyai julukan “The Toon” yang merujuk kepada pengucapan kata “Town” dalam aksen Geordie (orang asli Newcastle).

Seperti halnya tim kota Manchester, Newcastle United awalnya juga memakai logo kota mereka. Sebagian besar logo Newcastle saat ini terinspirasi dari logo kota itu.

Logo itu kemudian sempat disederhanakan dengan logo bulat dengan gambar kastil dan burung magpie, julukan klub. Pada 70-an, Newcastle malah sempat mengubah logo mereka menjadi bola dengan inisial klub plus burung magpie.
Akhirnya, logo Newcastle menjadi sedikit rumit lagi dengan dua gambar kuda laut, perisai emas dengan warna hitam-putih, singa kerajaan Inggris dan bendera St George.


Quote:ternyata itu ia sis gan makna unggas dari logo logo Klub sepakbola Inggris  ada yang mau nambahin or koreksi sis gan , silahkan komen yo  
Sumur : http://www.kaskus.co.id/thread/5607a40cc1cb17b33b8b456b/ada-unggas-di-logo-8-klub-inggris-apa-makna/

No comments:

Post a Comment

Manfaat & Peran PMS Bagi Suatu Perusahaan

Hola gan, bre, sist, nes, dan ho.. Apa kabar semuanya.. Semoga baik-baik aja ya.. To d'point aja ya gan. Tadi malam ane ngebuat trit ten...