Tuesday, September 8, 2015

Berkenalan Dengan Kebakaran Hutan


Quote:Sekarang ane lagi nyantai gan, kerjaan udh selesai semua. Sambil nunggu telpon dari salah satu perusahaan rental mobil (mau jalan sekeluarga besar soalnya), ane liat2 berita dan terenyuh sama berita PANAS kita. Yap, udah masuk darurat bencana loh. ASAP. Apalagi matahari lagi semangat2nya memanggang bumi dan hujan enggan utk turun. Kebakaran hutan di beberapa daerah di Sumatera, Kalimantan, dan beberapa titik di Pulau Jawa makin menjadi2. Sebagai masyarakat awam, tentu bertanya2 kan gan, kok lama bgt pnyelesaiannya, dan kenapa terulang terus tiap tahun. Yaah kalo ngmongin itu, panjang gan  banyak faktor deh pokoknya.
Spoiler for Peta Api update 2015

Quote:Diatas tadi ada kutipan seorang ahli strategi perang. Bahwa utk memenangkan perang, pahami diri sendiri dan pahami musuh kita. Utk sekarang, musuh kita ya asap yang disebabkan kebakaran hutan (ya walau kebakaran hutan sering disebabkan pihak2 brengsek mau buka lahan secara instan ) plus faktor El Nino yang merupakan naiknya suhu permukaan laut di Samudra Pasifik sekitar ekuator, khususnya di sekitar Cile dan Peru, yang diikuti dengan turunnya suhu permukaan air di beberapa wilayah perairan Indonesia. Dampaknya adalah terjadinya kekeringan di sejumlah wilayah Indonesia.
Spoiler for El Nino Gan
Yuk kita kenalan dengan kebakaran hutan gan, biar kedepannya kita makin paham dengan musuh kita, sehingga agan ngerti gimana penanganannya kalo ada kebakaran lahan disekitar agan (moga gak ada ya gan)Quote:“Sumber tulisan ane ambil dari beberapa sumber gan, monggo disimak dan sempatkan berkunjung ke sumur ya gan..”
Quote:FYI gan
Spoiler for Segitiga Api

Segitiga api adalah:
bentuk sederhana untuk menggambarkan proses penyalaan api.
Penyebab kebakaran hutan:
Segi tiga api + Perbuatan Manusia (sengaja, lalai) = segi empat manusia
Segitiga api + Daya daya Alam (petir, letusan gunung berapi dll) = segi empat alam
Ketiga unsur tersebut :
1. Bahan Bakaran;
2. Pemanasan (sumber pemanasan);
3. Oksigen

Quote:1. Kebakaran Bawah (Ground Fire)
Spoiler for bawah

Pada tipe kebakaran ini api membakar bahan-bahan organik yang terdapat di bawah seresah seperti humus, gambut, serbuk gergaji, akar pohon ataupun kayu yang sedang melapuk.
Kebakaran bawah adalah kebakaran yang terjadi di bawah permukaan tanah yang terjadi pada lahan gambut. Di Indonesia kebakaran bawah ini umum terjadi di Kalimantan dan Sumatra bagian timur, terutama di kawasan perhutanan dengan lahan gambut. Kebakaran bawah susah untuk diketahui dan susah dipadamkan dengan metode biasa. 
Apa itu Lahan Gambut?
Hutan gambut adalah hutan tropis berdaun lebar di mana tanah yang terendam air mencegah dedaunan dan kayu terdekomposisisepenuhnya. Seiring waktu berlalu, terbentuk lapisan gambut yang bersifat asam. Hutan gambut umumnya dikelilingi oleh hutan hujan pada tanah yang tidak terendam air dan hutan bakau di air payau.

Spoiler for gambut


Cara-cara agar tidak terjadi kebakaran lahan gambut yang besar adalah:
1. Jangan membakar sampah atau sesuatu di sekitar lahan gambut.
2. Memasang tanda larangan membakar sampah di lahan gambut.
3. Bersihkan lahan gambut jika sudah mongering.
4. Tanamilah lahan gambut dengan tanaman yang cocok. Seperti nanas ataupun kelapa sawit. Kedua tanaman ini memang cocok sekali di tanam di lahan gambut.

Langkah-langkah memadamkan kebakaran lahan gambut adalah:
1. Cari titik api dimana lahan gambut tersebut terbakar.
2. Usahakan bekerja sama dengan pemerintah setempat. Dikarenakan akan menjamin peralatan yang di miliki, dan pasti pemerintah akan mendatangkan bala bantuan yang lebih banyak.
3. Sediakan air, beserta selang yang besar.
4. Arahkan pemadaman kearah titik api. Hal ini perlu di lakukan dengan hati-hati. Karena salah-salah malah api menjadi besar.
5. Semprotkan ke pusat titik api yaitu di arahkan ke bawah, hal ini bertujuan agar air akan merembes langsung dan akan mengurangi api tersebut.

Spoiler for gambut lagi


Quote:2. Kebakaran Permukaan (Surface Fire)
Api membakar bahan-bahan organik dan vegetasi di atas lantai hutan, yaitu seresah, tumbuhan bawah, anakan pohon dan lain-lain.
Bentuk nyala api adalah seperti api unggun, dimana angin memainkan peranan dalam penyebaran kebakaran ini. Bentuk jalaran adalah lonjong ke satu arah menuju arah angin. 
Anakan tanaman dan tanaman muda akan habis terbakar atau paling tidak mati layu karena pengaruh pemanasan.

Spoiler for kebakaran permukaan

Quote:3. Kebakaran Tajuk (Crown Fire)
Peristiwa kebakaran tajuk merupakan peristiwa kebakaran yang besar dan biasanya merupakan akibat dari penjalaran kebakaran permukaan. Namun tidak selalu demikian, karena dapat saja kebakaran tajuk terjadi secara terpisah, misalnya akibat sambaran petir.
Bahan bakar potensial adalah tajuk pohon dengan ranting-ranting dan cabang pohon yang bilamana terbakar habis akan menyebabkan pohon-pohon menjadi kering dan mati. Jenis konifer yang banyak mengandung resin mengakibatkan lebih mudah terbakar daripada jenis-jenis tajuk daun lebar.
Pengaruh angin pada kebakaran tajuk sangat berarti dalam menentukan penyebaran api. Bentuk jalaran api adalah lonjong ke suatu arah sesuai dengan arah angin seperti pada kebakaran permukaan. 

Spoiler for luas gann


Quote:Naaaah itu dia gan 3 tipe kebakaran hutan. NOW we KNOW more gan!! Mari kita yang jauh dari tempat kejadian berdoa bagi saudara2 kita dimanapun agar selalu dalam lindungan Tuhan YME, dan terus berusaha "mengamankan" wilayah sekitar kita dan bertindak cepat dan segera saat melihat potensi bahaya kebakaran hutan. Langkah preventif harus cepat dilakukan gan, jngan buang puntung rokok sembarangan juga ya gan 


http://www.kaskus.co.id/thread/55eeadf2c2cb175c628b4567/?ref=postlist-21&med=top_thread

No comments:

Post a Comment

Manfaat & Peran PMS Bagi Suatu Perusahaan

Hola gan, bre, sist, nes, dan ho.. Apa kabar semuanya.. Semoga baik-baik aja ya.. To d'point aja ya gan. Tadi malam ane ngebuat trit ten...