Tuesday, September 1, 2015

20 Dari Fenomena Astronomi Paling Menakjubkan Tentang Alam Semesta.


Astronomi ialah cabang ilmu alam yang melibatkan pengamatan benda-benda langit (seperti halnya bintang, planet, komet, nebula, gugus bintang, atau galaksi) serta fenomena-fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer Bumi (misalnya radiasi latar belakang kosmik (radiasi CMB)). Ilmu ini secara pokok mempelajari pelbagai sisi dari benda-benda langit — seperti asal-usul, sifat fisika/kimia, meteorologi, dan gerak — dan bagaimana pengetahuan akan benda-benda tersebut menjelaskan pembentukan dan perkembangan alam semesta.
Para ahli astronom yang melibatkan pengamatan benda-benda langit (seperti halnya bintang, planet, komet, nebula, gugus bintang, atau galaksi) serta fenomena-fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer Bumi (misalnya radiasi latar belakang kosmik (radiasi CMB)). Dengan pengamatan melalui teropong jarak jauhnya maupun melalui satelit satelit dr NASA telah memberikan manfaat pengetahuan yang sangat berharga bagi kita. Dan dari foto pemandangan yang spektakuler n mengagumkan juga bs menyadarkan kita bahwa Sang Pencipta sangat sempurna dalam menciptakan alam semesta dgn segala isinya. Inilah gambar" fenomenal yang bs kita pelajari lebih lanjut. Hehehe Cekidot :


Pengamatan yg tidak dilewatkan musim langit ini untuk melihat gerhana total, planet menakjubkan dan menampilkan menyilaukan.


Satelit" Nasa guna penelitian lebih lanjut n jauh dr para ahli astronom.

Jika ruang pergerakan alam semesta memiliki pemandangan jarak atau arah yg harus diturut , inilah yang akan terjadi. Ini adalah tayangan melalui 3D dari nebula Gum 29 dengan gugus bintang Westerlund 2 di tengah dan itu benar-benar cantik. Ini adalah barang dari mimpi.



Maaf rekan" gambar 3D nya hny kecil krn ane dah coba membuat lebih besar tp tak berhasil untuk upload di thread ini. Untuk itu ane sertakan sumbernya diakhir dr thread agar bs dipelajari lbh lanjut. Hehehe  . Ini adalah gambar dari Visualisasi ini memberikan perspektif tiga dimensi pada gambar ulang tahun ke 25 Hubble dari nebula Gum 29 dengan gugus bintang Westerlund 2 pada intinya. Penerbangan melintasi bintang-bintang latar depan dan mendekati tepi kiri bawah nebula Gum 29. Melewati awan tipis gelap di sisi dekat, perjalanan mengungkapkan gas cerah diterangi oleh radiasi kuat dari bintang baru terbentuk cluster Westerlund 2. Dalam nebula, beberapa pilar gelap, gas padat sedang dibentuk oleh cahaya energik dan angin bintang yang kuat dari cluster brilian dari ribuan bintang. Perhatikan bahwa visualisasi dimaksudkan untuk menjadi interpretasi ilmiah yang wajar dan yang menjauhkan dalam model yang dikompresi secara signifikan.


1. Gaseous Dust Clouds

Spoiler for Gaseous Dust Clouds 

Gambar ini, yang dihasilkan oleh Teleskop luar angkasa Hubble, menunjukkan debu dan gas awan yang mengelilingi bintang supermasif Eta Carinae.


2. Artist’s Rendition of a Quasar

Spoiler for Artist’s Rendition of a Quasar 

Bertemu S5 0014 + 81 salah satu hal yang paling kuat di alam semesta.


3. Artist’s Rendition of a Super-Massive Black Hole

Spoiler for Artist’s Rendition of a Super-Massive Black Hole 

Gambar interpretasi "Artist’s" ini menunjukkan lubang hitam supermasif, yang bisa ditemukan di hampir semua inti galaksi. Lubang hitam itu sendiri dikelilingi oleh cakram akresi yang sangat panas, material yang bergerak di bawah pengaruh gravitasi terhadap obyek angkasa dan, lebih jauh, torus berdebu. Sering ada juga material di kutub lubang hitam yang terlempar jauh menuju ruang angkasa dengan kecepatan jet. yang dapat memperpanjang jarak besar ke ruang angkasa.


4. Artist’s Rendition of a Stellar-Massive Black Hole

Spoiler for Artist’s Rendition of a Stellar-Massive Black Hole 
 
Dalam hal sifat fisik, perbedaan antara lubang hitam massa bintang adalah massa mereka: lubang hitam massa bintang sekitar 3-10 kali massa Matahari, sementara lubang hitam supermasif yang 105-1010 kali massa Matahari Lubang hitam supermasif versi hanya lebih besar dari lubang hitam massa bintang, tapi berperilaku dengan cara yang sama (hanya ditingkatkan).


Ada perbedaan lain, yang berhubungan dengan pembentukan mereka. Lubang hitam massa bintang terbentuk dari keruntuhan bintang-bintang besar di akhir hidup mereka. Anda kemudian dapat menemukan mereka tersebar di seluruh galaksi, seperti Anda menemukan bintang-bintang besar.

Lubang hitam supermasif ditemukan di pusat galaksi. Kami tidak tahu pasti bagaimana mereka membentuk, meskipun kami memiliki sejumlah ide. Mereka terlalu besar telah terbentuk dari bintang yang runtuh. Kami percaya bahwa quasar yang didukung oleh materi accreting ke lubang hitam supermasif, dan pengukuran ini menunjukkan bahwa ini dapat tumbuh hingga satu miliar massa matahari dalam waktu kurang dari satu miliar tahun dari big bang. Cara ini akan membutuhkan suatu cara yang sangat efisien bagi mereka untuk mendapatkan massa. Kami juga mengamati bahwa sifat-sifat galaksi sekitarnya berkorelasi dengan massa lubang hitam pusat mereka (ini yang paling terkenal dikenal sebagai hubungan M-σ dalam astronomi, seperti yang kita gunakan M untuk massa lubang hitam dan huruf Yunani sigma untuk kecepatan dispersi, kecepatan karakteristik bagaimana bintang cepat bergerak). Korelasi ini menunjukkan bahwa pertumbuhan lubang hitam dan galaksi mungkin terkait entah bagaimana.

5. Artist’s Rendition of a “White Hole”

Spoiler for Artist’s Rendition of a “White Hole” 

Selama beberapa dekade, astrofisikawan telah bertanya-tanya apakah lubang hitam menghancurkan informasi - yang berarti apa yang jatuh ke mereka hilang selamanya. Sebuah model baru menunjukkan bahwa pada akhir hidup mereka, lubang hitam berubah menjadi "lubang putih," eksplosif menuangkan semua materi yang mereka pernah menelan ke angkasa, Nature melaporkan.


6. “Fireworks Galaxy”

Spoiler for “Fireworks Galaxy” 

Ini adalah NGC 6946, galaksi spiral menengah yang terletak 22 juta tahun cahaya dari Bumi. Ini mendapat julukan, "The Fireworks Galaxy," karena delapan supernova telah diamati meledak di dalamnya.


7. Asteroids Dashing Past A Dying Star

Spoiler for Asteroids Dashing Past A Dying Star 

NASA WISE pesawat ruang angkasa mengambil gambar mencolok ini asteroid meluncur melewati bintang sekarat. Sebagai gas dipanaskan dan debu bisa terkelupas jauh dari bintang, itu menciptakan penampilan biru yang indah.


8. A Generation Of Stars

Spoiler for A Generation Of Stars 

The Spitzer Space Telescope menangkap gambar ini dari wilayah W5 pembentuk bintang. Ada generasi bintang di foto ini - bintang tertua muncul sebagai titik-titik biru, sementara bintang-bintang termuda menguraikan rongga mana yang lama berada. Daerah putih di mana bintang-bintang muda yang membentuk.


9. Spiral Galaxy 4921

Spoiler for Spiral Galaxy 4921 

Teleskop luar angkasa Hubble mengambil foto ini dari Galaxy 4921, sebuah galaksi spiral anemia sekitar 320 juta tahun cahaya dari Bumi. Itu sudah dijuluki "anemia" karena memiliki tingkat rendah dari pembentukan bintang dan kecerahan permukaan rendah. Dalam gambar ini, inti terang dapat dilihat di tengah. Cluster biru bintang baru terbentuk berkumpul di sekitarnya.


10. Carina Cluster “Grand Nebula”

Spoiler for Carina Cluster “Grand Nebula” 

Hubble menangkap gambar dari Carina Cluster pembibitan bintang yang mengungkapkan rincian dari kelahiran matahari kita.


11. Sun’s “Canyon Of Fire”

Spoiler for Sun’s “Canyon Of Fire” 

Sebuah filamen magnetik 200.000 mil dari bahan surya meletus pada matahari. Kejadian ini, yang berlangsung pada bulan September, merobek atmosfer matahari dan tertinggal apa yang tampak seperti "jurang api."


12. Stellar Explosion

Spoiler for Stellar Explosion 

Teleskop luar angkasa Hubble menangkap gambar ini dari bintang yang meledak di galaksi NGC 6984. spiral yang supernova baru, SN 2013ek, adalah objek seperti bintang yang terang hanya sedikit di atas dan ke kanan dari pusat galaksi.


Spoiler for Video Stellar Explosion 



13. Saturn’s North Pole

Spoiler for A
13. Saturn’s North Pole
Gambar ini, diambil oleh pesawat ruang angkasa Cassini yang lebih dari 10 jam pada tanggal 10, menunjukkan pola cuaca heksagonal besar capping kutub utara Saturnus.




14. The Ghost Of Jupiter Nebula

Spoiler for The Ghost Of Jupiter Nebula 

Gambar ini, diambil oleh Spitzer Space Telescope, menunjukkan sisa-sisa tanpa tubuh dari bintang sekarat. Pandangan inframerah menunjukkan halo luar dingin dari bintang sekarat merah.


15. Stars Getting Eaten By Black Holes

Spoiler for Stars Getting Eaten By Black Holes 
 
Dekat, acara gangguan pasang surut bisa sedikit lebih spektakuler - (Gambar oleh NASA, S. Gezari, The Johns Hopkins University dan James Guillochon, University of California, Santa Cruz)


Spoiler for Video Stars Getting Eaten By Black Holes 


16. Northern Lights From Space

Spoiler for A
16. Northern Lights From Space
Mike Hopkins, astronot kapal Stasiun Luar Angkasa Internasional, mengambil gambar ini.


17. Crab Nebula

Spoiler for A
17. Crab Nebula
Gambar ini, dibidik dari Teleskop luar angkasa Hubble, menunjukkan sisa supernova ikon pertama kali diamati oleh astronom Cina 960 tahun yang lalu.



18. Stellar Nursery S106

Spoiler for Stellar Nursery S106 
Hubble Space Telescope NASA menangkap efek yang menakjubkan dari bipolar pembentuk bintang daerah, disebut Sharpless 2-106, tampak seperti melonjak, langit salju malaikat. The terentang "sayap" dari nebula merekam jejak kontras panas dan gerak terhadap latar belakang dari media dingin.


Spoiler for Video Stellar Nursery S106 


19. V838 Monocerotis Supernova

Spoiler for V838 Monocerotis Supernova 
Yang tidak biasa bintang variabel V838 Monocerotis (V838 Mon) menjadi teka-teki astronom.



Spoiler for Video V838 Monocerotis Supernova 



Bintang sebelumnya mencolok ini menjalani ledakan awal tahun 2002, selama yang sementara meningkat dalam kecerahan menjadi 600.000 kali lebih cemerlang dari Matahari Cahaya dari letusan mendadak ini menerangi debu antarbintang sekitarnya bintang, menghasilkan paling spektakuler "echo cahaya" dalam sejarah astronomi. Seperti cahaya dari letusan menyebar luar ke dalam debu, itu tersebar oleh debu dan perjalanan ke Bumi . Cahaya tersebar telah melakukan perjalanan jarak ekstra dibandingkan dengan cahaya yang mencapai bumi langsung dari ledakan bintang. Seperti gema cahaya adalah analog optik dari gema suara yang dihasilkan ketika bernyanyi yodel Alpine tercermin dari pegunungan sekitarnya. NASA / ESA Hubble Space Telescope telah mengamati V838 Mon cahaya gema sejak tahun 2002. Setiap pengamatan baru dari gema cahaya mengungkapkan baru dan unik "tipis-bagian" melalui debu antar sekitar bintang. Video ini morphs gambar dari gema cahaya dari Hubble diambil di beberapa kali antara 2002 dan 2006. banyak whorls dan pusaran di debu antar sangat terlihat. Mungkin mereka telah diproduksi oleh efek dari medan magnet di ruang antara bintang-bintang.


20. An Erupting Galaxy

Spoiler for An Erupting Galaxy 

Pada 2013, geyser besar bahan mulai peledakan keluar dari hati Bima Sakti.



Sumber/ Source : 
https://theeclecticminds.wordpress.c...wn-universe-2/ 

Sumur

No comments:

Post a Comment

Manfaat & Peran PMS Bagi Suatu Perusahaan

Hola gan, bre, sist, nes, dan ho.. Apa kabar semuanya.. Semoga baik-baik aja ya.. To d'point aja ya gan. Tadi malam ane ngebuat trit ten...