Monday, June 27, 2016

Seberapa Pentingkah Brand, Merek, dan Personal Branding?

Halo .. It's me 
Kali ini ane buat thread mengenai Brand atau Merek dan Personal Branding apakah semua itu penting??
Sebelum lanjut ane mau ngucapin Selamat Menunaikan Ibadah Puasa bagi para agan dan aganwati, tetap semangat yaaa  
Daripada ane banyak bacot monggo dinikmatin theadnya... 
Spoiler for Pendahuluan

Seberapa Pentingkah Brand, Merek, dan Personal Branding?
Dalam kehidupan sehari-hari tentunya brand atau merek sudah tidak asing lagi bagi kita. Yah brand atau merek memang sangat lekat disegala aspek kehidupan manusia. Di dunia ini begitu banyak brand atau merek, mulai yang memang sudah sangat terkenal, hingga brand atau merek baru yg belum banyak dikenal. Bahkan bagi sebagian orang brand juga digunakan sebagai salah satu media untuk menunjukan status sosial yang dimilikinya, atau menunjukan eksistensinya. Brand dan merek juga tidaklah hanya milik barang saja, sebagai individu kita manusia juga memiliki brand atau merek sendiri dan tentunya tidak sama satu sama lainnya.. Seberapa pentingkah brand atau merek bagi anda?? Sebelum anda menjawab ane akan menjelaskan sedikit mengenai brand atau merek .

Spoiler for Brand atau Merek adalah?

[img]Seberapa Pentingkah Brand, Merek, dan Personal Branding?[/img]
Menurut wikipedia brand yang dalam bahasa indonesianya Merek atau merek dagang (simbol: ™ atau®) adalah nama atau simbol yang diasosiasikan dengan produk/jasa dan menimbulkan arti psikologis/asosiasi.
Adapun jenis-jenis merek :
- Merek dagang
Merek dagang adalah merek yang digunakan pada barang yang diperdagangkan oleh seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum untuk membedakan dengan barang-barang sejenis lainnya.
- Merek jasa
Merek jasa adalah merek yang digunakan pada jasa yang diperdagangkan oleh seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum untuk membedakan dengan jasa-jasa sejenis lainnya.
- Merek kolektif 
Merek kolektif adalah merek yang digunakan pada barang dan/atau jasa dengan karakteristik yang sama yang diperdagangkan oleh beberapa orang atau badan hukum secara bersama-sama untuk membedakan dengan barang dan/atau jasa sejenis lainnya.
Berbeda dengan produk sebagai sesuatu yang dibuat di pabrik, merek dipercaya menjadi motif pendorong konsumenmemilih suatu produk, karena merek bukan hanya apa yang tercetak di dalam produk (kemasannya), melainkan juga merek termasuk yang ada di dalam hati konsumen dan bagaimana konsumen mengasosiasikannya.
Menurut David A. Aaker, merek adalah nama atau simbol yang bersifat membedakan (baik berupa logo,cap/kemasan) untuk mengidentifikasikan barang/jasa dari seorang penjual/kelompok penjual tertentu. Tanda pembeda yang digunakan suatubadan usaha sebagai penanda identitasnya dan produk barang atau jasa yang dihasilkannya kepada konsumen, dan untuk membedakan usaha tersebut maupun barang atau jasa yang dihasilkannya dari badan usaha lain.
Merek merupakan kekayaan industri yang termasuk kekayaan intelektual.
[img][/img]
Secara konvensional, merek dapat berupa nama, kata, frasa, logo, lambang, desain, gambar, atau kombinasi dua atau lebih unsur tersebut.
Di Indonesia, hak merek dilindungi melaluiUndang-Undang Nomor 15 Tahun 2001. Jangka waktu perlindungan untuk merek adalah sepuluh tahun dan berlaku surut sejak tanggal penerimaan permohonan merek bersangkutan dan dapat diperpanjang, selama merek tetap digunakan dalam perdagangan.

Spoiler for Fungsi Brand atau Merek

Fungsi brand atau merek adalam wikipedia yaitu :
- Tanda pengenal untuk membedakan hasil produksi yang dihasilkan seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum dengan produksi orang lain atau badan hukum lainnya.
- Sebagai alat promosi, sehingga mempromosikan hasil produksinya cukup dengan menyebutkan mereknya.
- Sebagai jaminan atas mutu barangnya.
- Menunjukkan asal barang/jasa dihasilkan.

Spoiler for Apakah Personal Branding itu?

Brand atau merek juga sangat lekat dengan manusia. Didalam keseharian kita sering mendengar sebutan “Personal Branding”. Tapi mungkin belum semua orang mengetahui apa itu personal branding. 
Personal branding merupakan bagaimana kita manusia meperkenalkan diri kita. Sama halnya dengan sebuah produk, personal brsnding juga sebagai identitas seseorang yang akan berbeda satu dengan yang lainnya. 
Ibaratkan sebuah produk yang memiliki brand terkenal dan sudah terpercaya dikalangan masyarakat karena kualitas dan mutunya yang bagus sehingga meskipun mahal akan tetap diburu.
Begitu pula dengan Personal Branding seseorang yang memiliki kualitas dan mutu yang baik serta memiliki value bagi lingkungan sekitarnya pasti juga akan memikat orang-orang disekitarnya, juga akan mudah baginya dipercaya orang lain.
Untuk itu ayo bangun dan ciptakan Personal Branding agan.. Tapi ingat yaah Personal Branding yang positiv dan yang tidak merugikan orang lain teristimewa diri agan sendiri.

Spoiler for Keuntungan Personal Branding

Sama halnya dengan sebuah produk, personal branding juga memiliki keuntungan bagi seseorang seperti :
- Banyak yang kenal kamu,
- Dapet kehormatan dari orang sekitar,
- Orang akan senang dan terinspirasi dengan kamu,
- Kalau ada project, kamu bisa dapet dengan cepet dan sesuai harapan,
- Kalau kamu berjualan, banyak yang senang dengan produk kamu,

Spoiler for Bagaimana Membangun Personal Branding?

Ada 4 langkah penting yang harus dilakukan dalam membangun personal branding seseorang checkitdot :
- DISCOVER
Sangat penting untuk mengetahui dan mengenal siapa kamu, apa passion-mu sangat penting.
- CREATE
Buatlah toolkit branding kamu – toolkit disini maksudnya adalah media untukmembranding kamu, seperti blog, website, kartu nama, video, portfolio dan lainnya. Bahkan kamu bisa memulai personal branding lewat Social Media seperti Facebook, Twitter, Path, dll. Kalau kamu punya kartu nama, coba kamu kasih ke orang-orang yang berpontensi membutuhkan skill kamu.
- COMMUNICATE
Komunikasikan kamu pada dunia. Semakin banyak yang mengenal kamu maka personal brand yang kamu bangun akan semakin kuat. Kamu juga harus sering untuk ngobrol dengan orang-orang baru, orang penting, atau siapapun untuk memperluas Network kamu.
- MAINTAIN
Sesuatu yang Anda bangun akan cepat punah jika tidak dijaga.


Bagaiman gan? Semoga yah branding yang kita ciptakan baik untuk produk yang kita buat terlebih khusus branding diri kita sendiri sudah baik, dan bisa memberikan dampak positive serta value bagi semua orang. 

Oia bagi agan-aganwati yang mau membuat logo atau design untuk produk dagangan agan-aganwati ane rekomendasiin The Quinox Labs. Dan dalam rangka promotion saat ini untuk 10 brand yang beruntung akan dibuatkan logo gratis dari The Quinox Labs 

Spoiler for SUMBER

-Hasil kerja keras otak sendiri
-Wikipedia
-https://googleweblight.com/?lite_url=https://galihpratama.net/pentingnya-membangun-personal-branding/&ei=mR_hIYuC&lc=id-ID&s=1&m=920&host=www.google.co.id&ts=1466917473&sig=AKOVD65t99WrXQJT9rqkJHdSS_-BGDKZgQ
www.thequinoxlabs.com


Semoga thread ane bisa bermanfaat yah gan 
Bulan penuh berkah kayak gini jangan ragu buat bagi cendolnya yaah agan-aganwati  
TERIMA KASIH 

Sumber

No comments:

Post a Comment

Manfaat & Peran PMS Bagi Suatu Perusahaan

Hola gan, bre, sist, nes, dan ho.. Apa kabar semuanya.. Semoga baik-baik aja ya.. To d'point aja ya gan. Tadi malam ane ngebuat trit ten...