Tuesday, June 28, 2016

Beberapa Alasan Kita Tidak Bisa Mengingat Mimpi Setelah Terbangun Dari Tidur

Mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra lainnya dalam tidur. Biasanya, orang yang mengalami mimpi ditandai dengan gerakan mata yang cepat dan intensitas nafas yang meningkat. Dan ketika agan sudah terbangun, seringkali tersadar bahwa kita telah bermimpi tapi tidak bisa mengingat apa yang di mimpikan. 

Tapi di lain waktu terkadang kita juga bisa mengingat mimpi kita, kenapa bisa? Atau bahkan mengapa terkadang orang lain bisa mengingat setiap mimpinya? Apa ada yang salah dengan tubuh agan apabila agan sulit mengingat mimpi, sedangkan orang mudah untuk mengingatnya? Lalu apa ada cara agar bagaimana kita selalu bisa mengingat mimpi?


Quote:Mengapa Terkadang Kita Sulit Untuk Mengingat Mimpi Kita?
Beberapa Alasan Kita Tidak Bisa Mengingat Mimpi Setelah Terbangun Dari Tidur
Beberapa ilmuan tidak sepenuhnya setuju mengapa kita sulit untuk mengingat mimpi sendiri, walaupun hal itu baru beberapa menit terjadi setelah kita terbangun. 

Sedangkan para psikiater dan psikolog percaya, bahwa kita bermimpi untuk mengekspresikan dan memecahkan suatu masalah yang tidak bisa terpecahkan saat terjaga, sedangkan yang lain percaya bahwa otak neuron kita secara acak selama tidur saat memasuki fase REM dan bermimpi adalah suatu bagian dari perawatan kesehatan otak, dan mimpi hanya bagaimana pikiran kita mencoba untuk memahami suatu masalah dalam dunia nyata secara tak terduga. Yang lain percaya bahwa mimpi membantu kita menyortir semua kenangan yang kita buat pada hari sebelumnya, dan menyortir hal hal penting mulai dari yang sepele, para peneliti di Harvard Medical School menemukan bahwa bagian-bagian dari otak kita dirangsang selama bermimpi dan membantu otak kita memproses informasi baru, merangsang memori dan "belajar."

Lalu mengapa terkadang kita sulit untuk mengingat mimpi yang baru terjadi? Nah, para ilmuwan sepakat tentang salah satu aspek bermimpi: tujuan utamanya adalah untuk menciptakan suatu kenangan baru. Banyak ilmuwan percaya bahwa beberapa jenis neuron dalam otak kita yang membantu kita menciptakan kenangan baru kemudian hilang pada saat kita terbangun. Jadi, kita hanya bisa mengingat mimpi yang terjadi tepat sebelum kami bangun.


Quote:Apakah Beberapa Orang Dapat Mengingat Mimpi Mereka Lebih Baik Dari Yang Lainnya?
Beberapa Alasan Kita Tidak Bisa Mengingat Mimpi Setelah Terbangun Dari Tidur
Jawabannya adalah Ya. Sebuah studi pd tahun 2013 yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Frontiers in Psychology menemukan bahwa ada jenis tertentu dari orang yang secara teratur dapat mengingat mimpi mereka. Apa ada suatu hal yang istimewa, mengapa mereka dapat lebih mengingat? Jawabannya karena mereka memiliki lebih banyak aktivitas di bagian otak yang merespon rangsangan di sekitar mereka.

Mereka ini akan bereaksi lebih kuat terhadap orang lain saat ada yang memanggil nama mereka ketika terjaga dibandingkan dengan orang orang yang biasanya lupa terhadap mimpi mereka. Orang orang seperti ini setiap malam terbangun rata-rata 30 menit karena mereka terganggu oleh suara atau rangsangan lainnya.


Quote:Mengapa Kadang Kita Hanya Mengingat Beberapa Hal Dari Mimpi Kita?
Beberapa Alasan Kita Tidak Bisa Mengingat Mimpi Setelah Terbangun Dari Tidur
Seperti banyak dari kita, mungkin beberapa waktu yang lalu dapat mengingat beberapa hal dari mimpi agan, tapi mengapa tidak bisa mengingat mimpi yang berlangsung beberapa menit yang lalu? Apa yang menyebabkannya?

Beberapa ilmuwan berpikir bahwa ketika mimpi datang kita lebih cenderung untuk mengingat sesuatu yang mudah diingat, kita hanya ingat lima persen dari mimpi kita, jadi mimpi di mana sesuatu yang benar-benar baru atau aneh terjadi (misal ketemu Presiden lagi blusukan, pengalaman perjalanan ke pusat bumi, berantem sama kaka kelas, dll), sedangkan kebanyakan di mimpi yang lain kita hanya melakukan kegiatan seperti halnya ketika kita di dunua nyata, (contohnya jalan ke dapur, ke toilet, makan, dll).


Quote:Apa Hal Yang Membuat Kita Tidak Bisa Bermimpi Lagi?
Beberapa Alasan Kita Tidak Bisa Mengingat Mimpi Setelah Terbangun Dari Tidur
Trauma otak dan kepala luka yang menyebabkan masalah memori dapat membuatnya kita merasa seperti tidak lagi bisa bermimpi. Namun dalam kenyataannya, kita mungkin masih bermimpi - kita hanya merasa seperti kita tidak bermimpi karena kita tidak bisa mengingat mimpi. Biasanya, seiring berjalannya waktu saat penyembuhan otak dan pemulihan memori, kita dapat bermimpi kembali walaupun sulit mengingatnya.

Selain itu, obat obatan dan perubahan pola tidur yang ekstrem juga dapat membuat otak kita berfikir kita tidak bermimpi.


Quote:Apa Ada Sesuatu Yang Salah Jika Kita Tidak Bisa Mengingat Mimpi?
Beberapa Alasan Kita Tidak Bisa Mengingat Mimpi Setelah Terbangun Dari Tidur
Tidak! Meskipun mungkin beberapa orang ingin mencoba untuk mengingat atau menuliskan mimpi mereka ketika mereka bangun karena mereka merasa hal seperti itu memberi mereka wawasan diri sendiri dan kehidupan batin mereka, atau merasa agan mendapat wahyu atau ilham atau semacamnya ketika anda sedang bermimpi. 

Ingat, mimpi hanyalah ekspresi otak atas apa yang sebenernya agan pikirkan saat sedang terbangun. Makanya banyak orang yang sedang mendapat tekanan batin atau masalah di dunia nyata cenderung bermimpi saat tidur. Itu karena mereka terlalu memikirkan terlalu dalam sehingga otank kita tetap bekerja memikirkan hal itu walaupun kita sedang tidur.


Mungkin itu gan penjelasan mengapa kita cenderung sulit mengingat mimpi kita saat terbangun.
Sumber

No comments:

Post a Comment

Manfaat & Peran PMS Bagi Suatu Perusahaan

Hola gan, bre, sist, nes, dan ho.. Apa kabar semuanya.. Semoga baik-baik aja ya.. To d'point aja ya gan. Tadi malam ane ngebuat trit ten...