Tuesday, June 28, 2016

Macam-Macam Bahasa Tubuh Yang Membuat Kesan Yang Baik

[ GATSUONE INFO ] Macam-Macam Bahasa Tubuh Yang Membuat Kesan Yang Baik
First impression emang penting banget, tapi second-third dan impresi selanjutnya juga nggak kalah penting lho. Kita harus selalu menjaga kesan baik orang lain terhadap diri kita supaya hidup lebih tenteram dan damai. Kamu pasti nggak mau dong jadi orang yang sering dibahas karena keburukannya? Ya walaupun terkadang kita diomongin bukan karena kesalahan atau keburukan kita, emang dasar orang-orang aja yang nggak suka sama diri kita entah kenapa. Bisa jadi karena iri, dengki atau permasalahan pribadi. Kesan yang baik sih biasanya muncul dari tutur kata yang baik, ramah dan menyenangkan. Tapi ternyata nggak cuma itu aja, kita juga bisa membuat kesan baik dengan bahasa tubuh yang kita lakukan. Inilah macam-macam bahasa tubuh yang bisa membuat kesan yang baik terhadap diri kita.
Quote:[ GATSUONE INFO ] Macam-Macam Bahasa Tubuh Yang Membuat Kesan Yang Baik
Postur Tubuh Yang Sempurna
Ketika sedang mengobrol berhadapan dengan seseorang, berdiri dan duduklah dengan tegak. Tapi bukan berarti kaku dan membuat kamu nggak nyaman. Tariklah pundakmu sedikit ke belakang, luruskan wajahmu dan buatlah tubuhmu senyaman mungkin. Dengan semakin tegak tubuhmmu maka kamu pun akan semakin terlihat percaya diri dan yakin tanpa ada rasa gugup.

Quote:[ GATSUONE INFO ] Macam-Macam Bahasa Tubuh Yang Membuat Kesan Yang Baik
Jangan Silangkan Tanganmu
Jangan pernah silangkan tanganmu ketika berbicara man to man dengan satu orang karena hal itu akan terkesan nggak sopan dan terlihat menantang. Kecuali kamu sedang berada di tengah-tengah kumpulan orang-orang yang sedang mengobrol, hal itu sah-sah aja dilakukan selama masih wajar dan nggak menunjukkan kesombonganmu.

Quote:[ GATSUONE INFO ] Macam-Macam Bahasa Tubuh Yang Membuat Kesan Yang Baik
Eye Contact
Segalanya yang berlebihan pasti nggak akan baik, sama halnya kayak tatapan mata. Hal ini penting untuk memberikan kesan baik tapi kalau selalu menatap sampe melotot ya nggak banget. Sesekali alihkan pandangan ke objek lain kemudian kembali lagi ke mata orang yang sedang berbicasa dengan kamu. Dengan mengalihkan pandangan ke hal yang lain juga akan memberikan kesan natural kalau kamu sedang berpikir yang tentunya akan mempermudah kamu untuk menyampaikan pesan.

Quote:[ GATSUONE INFO ] Macam-Macam Bahasa Tubuh Yang Membuat Kesan Yang Baik
Pegang Sesuatu Dengan Bijak
Kalau lagi ngobrol one to one sama orang lain memang terkadang kita membutuhkan sesuatu untuk dipegang supaya menghilangkan ketegangan dan kesan yang kaku, misalnya sambil minum kopi. Tapi kamu juga harus tau cara memegang cangkir kopi yang benar yaitu setarakan dengan pinggangmu. Jangan memegang cangkir sejajar dengan mata dan mulutmu karena akan menghalangi kamu dengan orang yang menjadi lawan bicara.

Quote:[ GATSUONE INFO ] Macam-Macam Bahasa Tubuh Yang Membuat Kesan Yang Baik
Bicara Dengan Tangan
Bagi beberapa orang, berbicara dengan tangan akan meningkatkan daya pikirnya. Ternyata hal itu dibenarkan oleh penelitian. Selain itu, berbicara dengan tangan juga akan semakin meyakinkan lawan bicara tentang apa yang kamu katakan adalah hal yang benar. Maka akan memperlihatkan kamu adalah orang yang kredibel dan berkualitas.

Quote:[ GATSUONE INFO ] Macam-Macam Bahasa Tubuh Yang Membuat Kesan Yang Baik
Tiru
Terkadang ketika berbicara dengan seseorang, kita perlu lho mengikuti gesturenya. Misalnya cara mereka berdiri atau duduk, gerak tangannya, emosi yang dia keluarkan sampai senyumannya. Tapi bukan berarti kamu mengikuti setiap gerak gerik dia ya, yang ada malah nanti dia tersinggung. Maksudnya tiru di sini adalah menyesuaikan body language dengan lawan bicaramu.

Itulah macam-macam body language yang bisa kamu praktekan ketika sedang berkomunikasi dengan seseorang, khususnya orang yang seharusnya lebih kamu hormati, seperti atasan, guru, dosen ataupun pihak HRD yang mewawancaraimu.
BACA SUMURNYA DI SINI GAN


Sumber

No comments:

Post a Comment

Manfaat & Peran PMS Bagi Suatu Perusahaan

Hola gan, bre, sist, nes, dan ho.. Apa kabar semuanya.. Semoga baik-baik aja ya.. To d'point aja ya gan. Tadi malam ane ngebuat trit ten...