Sunday, June 26, 2016

Aku Adalah Manusia Egois

Aku terdiri dari darah yang mengalir memutar-mutar dijaringan sel yang terperangkap dalam daging dan bertiang tulang-tulang kokoh yang tertutup oleh kulit tebal halus. Aku terdiri dari kepala, badan, tangan dan kaki. di dalam kepala ini tertanam sebuah otak yang berkerja sesuai dan bergantung oleh mata, telinga, hidung dan indera peraba yaitu tangan. Aku adalah manusia yang berdiri tegak dan mempunyai daya pikir untuk memilih jalan hidup ini. Suka atau tidak suka harus tetapku jalankan hidup ini bagaimanapun juga bentuknya.


Spoiler for Keluarga adalah terdiri dari individu-individu yang memiliki kepentingan
Quote:Ketika aku terlahir aku hanya bisa menangis sekuat tenaga. Aku belum bisa berpikir yang terkonsep ataupun yang berpola. Aku mengikuti saja perkataan dari individu-individu (para anggota keluarga) yang ada di dalam rumah. Sewaktu aku sedang berada di rumah yang nyaman rumahnya tidak pada manusia-manusianya, ibuku berkata, ''Nak kau harus bersekolah hingga dapat pendidikan tertinggi'', aku mengiyakan saja perkataan beliau, lalu berkata pada ibuku ''Bu, memangnya hidup hanya untuk mengejar pendidikan saja? bagaimana dengan orang-orang yang tidak mendapatkan pendidikan? dan memangnya dengan pendidikan aku bisa menemukan nilai luhur hidup ini?.'' Ibuku hanya diam saja lalu meninggalkanku. Tiba-tiba ayah menghampiriku dan berkata, ''Nak harusnya kau mendengarkan perkataan ibu. Jangan menjadi seseorang yang keras kepala dan hanya mengikuti jalan pikiranmu sendiri.'' Dengan wajah yang tidak antusias aku menjawabnya, '' Ayah, apakah ada kepentingan tersendiri di balik perkataan ibu tadi yang ayah amini?. Harusnya ayah dan ibu mendengar kemauan anakmu ini dan memahami pilihan hidup jatuh pada keputusan atas dirinya''. Dengan wajah yang kecewa ayah tidak menjawab perkataanku lalu meninggalkan ku sendiri dan dialog pun berakhir tanpa makna apapun.


Spoiler for Aku tetap belajar sendiri di sekolah
Quote:Setelah aku berseragam dan mengeyam bangku pendidikan yang ku dapatkan selama proses tersebut hanyalah untuk mengejar angka saja. Ya pendidikan hanyalah pengejaran angka yang dinamakan nilai tanpa pelajaran untuk mengetahui makna tentang pengenalan diri sendiri dan mengetahui tentang esensi hidup di dunia ini. Guru yang telah aku kenali selama proses pembelajaran hanyalah individu yang mau menang sendiri, yang hanya mau didengarkan tanpa mau dikritik sedikitpun. Aku jemu dengan suasana pembelajaran tersebut hingga aku memutuskan memulai belajar sendiri dengan buku-buku yang berisi berbagai macam ilmu yang ku pikir bisa memberikan pelajaran lebih berharga daripada yang didapatkan di sekolah. Sampai saat ini aku percaya bahwa dengan belajar sendiri setiap orang bisa mempelajari apapun, memahami apapun dan bahkan bisa menciptakan berbagai hal berguna untuk hidup ini.


Spoiler for Masyarakat adalah ilusi
Quote:Masyarakat adalah ilusi! Masyarakat hanyalah sebuah kata guna menyatukan berbagai individu agar hidup berdampingan satu sama lain. Kenyataannya tidaklah melukiskan begitu. Yang sudah terjadi individu satu dengan yang lain terpisah. Begitulah pikirku. Di dalam masyarakat banyak sekali manusia egois (termasuk diriku). Sifat egois merupakan pembawaan luhur dari manusia yang tidak bisa dilarang maupun dipunahkan. Keegoisan manusia membawa dampak buruk dan mengakibatkan perpecahan di dalam struktur masyarakat. Yang sudah ku alami dari dampak keegoisan manusia dalam masyarakat ialah tindakan saling sikut dalam hal mencari penghasilan hidup, sikap mau menang sendiri dalam berbagai diskusi masyarakat yang bertujuan mencari jalan alternatif untuk mengaplikasikan berbagai macam gagasan, dampak yang lebih parah adalah keegoisan kelompok yang mengaku dan mengatasnamakan agama lalu mengambil tindakan anarkis dan represif terhadap kelompok lain yang kelompok ini pikir harus disingkirkan dalam masyarakat. Pada kehidupan seterusnya manusia-manusia yang berada dalam masyarakat tetaplah bersikap hidup sendiri dan tindakan saling membantu adalah sebuah hadiah terindah ketika hidup di dalam masyarakat.


Spoiler for Cinta hanyalah delusi
Quote:Merasakan jatuh cinta terhadap seseorang adalah anugerah hidup ini. Merasakan jatuh cinta kepada satu orang tidaklah cukup. Ada banyak manusia yang berupa tampan, cantik dan menawan yang berdampak buruk pada pasangan yang ditinggalkan olehnya. Tindakan tersebut merupakan sifat egois pada individu yang berpikiran bisa mendapatkan pasangan yang lain yang lebih bagus rupanya daripada yang sebelumnya. Tindakan itu akan terus-terusan dilakukan sampai ia sadar bahwa ia hanya mengejar cinta yang berdasarkan delusi saja tanpa memahami nikmat cinta yang sesungguhnya.


Spoiler for Aku adalah aku bukan kau, kalian ataupun mereka.
Quote:Aku yang memiliki nyawa ini. aku yang memiliki jiwa ini. aku yang memiliki tubuh ini. aku yang memiliki daya pikir yang membuahkan prinsip hidup ini. Mataku ini melihat kau, kalian dan mereka, telingaku ini mendengar suara yang bernadakan perkataan dari kau, kalian dan mereka. Tidak peduli dengan apa yang telah dilihat oleh mataku, tidak peduli dengan yang telah terdengar oleh telingaku ini, aku tetap tenggelam di dalam ruang prinsip hidup yang telah diciptakan oleh otak ini. Aku tetap hidup hingga nyawa ini tidak nyaman dan meninggalkan raga kuatku ini.


Spoiler for Penutup
Quote:Tulisan ini berdasarkan buah pemikiran ane hehe . Oh iya gan maaf di dalam trit ini tidak terdapat gambar ilustrasi. Ayo berikan pandangan agan dan gagasan agan-agan semua. Makasi semuanya sudah mampir dan membaca. Ayo budayakan membaca dari sekarang juga  
Sumber

No comments:

Post a Comment

Manfaat & Peran PMS Bagi Suatu Perusahaan

Hola gan, bre, sist, nes, dan ho.. Apa kabar semuanya.. Semoga baik-baik aja ya.. To d'point aja ya gan. Tadi malam ane ngebuat trit ten...