Sunday, June 26, 2016

Deadline dan Mahasiswa

Saat gue nulis tulisan ini, gue sedang dihadapkan dengan deadline penulisan skripsi, dalam waktu dekat gue harus ketemu dengan dosen pembimbing untuk menyerahkan progress penulisan gue. Hmm… yeah, i am a deadliner  
Spoiler for Pusing sama deadline
The Power of Deadline
Pusing sama deadline (sumber rumahtips.com)

Rehat sejenak dari mantengin microsoft word, gue iseng nulis tulisan ini, tulisan yang mungkin bisa jadi ilmu baru buat kalian semua, tak hanya untuk para mahasiswa, tp juga untuk kalian yg udah kerja.

Sesuai dengan judul, tulisan ini mengenai waktu, atau lebih tepatnya deadline. Kasus yang gue pake adalah deadline tugas kuliah dan penulisan skripsi.. 

Quote:Mungkin untuk sebagian mahasiswa, mereka bisa mempunyai banyak waktu luang untuk mengerjakan skripsi, tapi ada juga yang tidak memiliki banyak waktu luang, contohnya gue, gue adalah seorang Maharja (Mahasiswa yang Bekerja). Buat temen-temen yang senasib, kalian pasti pernah ngerasain susahnya ngebagi waktunya antara kerja dan kuliah. 

Sekarang gue udah di semester-semester akhir, dan mata kuliah yang gue ambil cuman skripsi, jadi gue bisa kerja dari pagi sampe sore. Malem bisa ngerjain skripsi? 
Alamaaak, cape kali lah, bawaannya pengen tidur aja, hahahaha. Rasanya males banget ngerjain skripsi.

Spoiler for Cerita dimulai
Sampai suatu ketika, datanglah chat dari dosen pembimbing, “Tanggal XX bab 3 dan 4 kamu udah harus kelar ya”

“Dug dug.. dug dug..” jantung tiba-tiba bedegup kencang.
Sambil menarik napas, perlahan gue melihat kalender yang berada di atas meja.

Oh… may… gat!!!  

Napes gue langsung kembang kempis, “4 hari lagi cooooyy.. mana banyak yang belom, gimana ini?” Teriak gue didalam hati.

Walau hati teriris, gue bales chat ke dosen pembimbing dengan kalimat singkat “Oke pak” diakhiri dengan emoji jempol. #AkuKuat #AkuRapopo  

The Power of Deadline
Aku rapopo (sumber citizen6.liputan6.com)

Spoiler for Intermezzo
Waktu pengerjaan skripsi sebenernya lama, cuman ya itu.. sadarnya pas negara api udah menyerang, dan mahasiswa cuman bisa pasrah ngeliat desanya dihancurkan *oke oke skip* 

Quote:Namanya mahasiswa yak (walau ga semua mahasiswa), saat dikasih tugas sama dosen malah seperti ini:

“Tugas dikumpulin 3 hari lagi, dikirim ke email saya” seru Pak Dosen

Dengan serempak mahasiswa langsung bilang “Yah Pak sebentar banget, tugasnya kan susah”

“Yaudah dikumpulkannya Minggu depan” jawab Pak Dosen

Spoiler for Let's Party
The Power of Deadline
HOREEEEE ~~~ (sumber theodysseyonline.com)

Quote:Waktu udah dikasih lebih panjang, tapi adaaa aja mahasiswa yang ngerjain H-1, malemnya begadang demi tugas, lalu update status “ya ampun tugas nya susah banget”  
Lalu mahasiswa yang rajin akan ketawa didalam hati “hahahaha lagian kemana aja looo, bukannya dikerjain dari kemaren”

Spoiler for Student syndrome
The Power of Deadline
Student syndrome (sumber rspective.com)

Mau nyalahin waktu?
Ampun deh.. mending fokus ngerjain tugas aja, dari pada ngulang disemester depan, ngeri lah..

Lalu, apakah hasil pekerjaan si ngaret lebih jelek dari pada si rajin?
Hmm… ga juga ya, dari yang gue perhatiin, kadang “last minutes man” hasilnya ga jelek-jelek banget, ga kalah lah sama si rajin.

Kenapa bisa begitu? 
Menurut gue karena si ngaret bener-bener fokus ngerjain tugasnya.  

Quote:“Coy, si A jadian loh sama si B”

“Eh, gue pinjem hp lo dong”

“Woooow, gue dapet voucher belanja nih, liat deh!”

Segala gangguan diatas, akan dijawab oleh para deadliner dengan kalimat pamungkas “Aduuuh bentar yak, gue lagi ngerjain tugas nih, soalnya besok deadline”

Spoiler for Creative process
The Power of Deadline
Creative process (sumber jborden.com)

Tak ada yang bisa menganggu para deadliner saat sedang dikejar deadline. Seolah-olah sebuah deadline adalah bahan bakar untuk bisa fokus dengan apa yang dikerjakan.

Spoiler for Deadline
The Power of Deadline
Deadline (sumber codepolitan.com)


Quote:Balik lagi soal skripsi, hal diatas juga terjadi sama gue. Saat hari biasa gue selalu tergoda untuk mengecek sosmed, tapi karna deadline, gue bisa bener-bener fokus bersama skripsi ku tercinta  

Jadi ada deadline itu bagus dong?
Hmmm.. menurut gue deadline itu bisa jadi pedang bermata dua, bisa bagus, tapi bisa juga ga bagus. Tergantung dari deadline itu sendiri. Kalo dibuat dengan waktu yang masih ‘memungkinkan’, deadline malah bisa jadi bahan bakar yang baik. Tapi kalo kita terus-terusan dihadapkan dengan deadline yang ‘ga mungkin’, bisa aja kita jadi setres lalu depresi.. #FullOfSadness #TryNotToCry #CryALot  

Spoiler for Meme
The Power of Deadline
Meme try not to cry (sumber imgur.com)

Quote:Ada yang namanya Parkinson’s Law (ini bukan penyakitnya Muhammad Ali yak), Parkinson’s Law lahir dari ‘essay’ yang dibuat oleh C. Northcote Parkinson di buku Parkinson’s Law: The Pursuit of Progress (London, John Murray, 1958). Hukum ini yang berbunyi:

Quote:“Work expands so as to fill the time available for its completion”
Dalam bahasa indonesia kira-kira begini, “Suatu tugas akan membengkak (dalam persepsi) untuk mengisi waktu yang tersedia untuk penyelesaiannya”

Spoiler for Parkinson's Law
The Power of Deadline
Parkinson’s law (sumber thepmbox.com)

Maksudnya apa sih?  
Jadi semakin banyak waktu yang kita punya, maka semakin kecil effort (usaha) yang kita butuhkan.
Dan semakin sedikit waktu yang kita punya, maka semakin banyak effort yang kita butuhkan.

Spoiler for Contoh
Contoh dari Parkinson's Law ini adalah, bila kita mengalokasikan waktu seminggu untuk tugas yang bisa diselesaikan dalam waktu 1 hari, maka tugas tersebut akan meningkat dalam hal kerumitan dan menjadi lebih berat agar dapat “mengisi” waktu seminggu itu.

Contoh lainnya, bila kita hanya memiliki satu kegiatan dalam satu hari, maka bisa dipastikan, kita hanya berhasil menyelesaikan satu kegiatan itu saja. kita bakalan bekerja bagaikan siput karena berpikir bahwa target kita cuman satu saja di hari itu.

Masih bingung? mau contoh lainnya?  
Jadi gini.. kalau kita dikasih tugas yang sebenernya bisa diselesaikan dengan waktu 24 jam, tapi kita diberikan waktu satu minggu. maka tugas itu baru akan selesai setelah hari ketujuh. Kalau diberikan waktu dua bulan, maka selama itu juga tugas tersebut baru akan selesai.
Paham?

Quote:
Untuk menyiasati agar kita ga jadi “last minutes man”, buatlah deadline sendiri, majukan deadline dari waktu yang sudah ditentukan. Jadi kalau deadline sebenarnya 1 minggu, maka kita buat menjadi 3 hari. Lebih cepat lebih baik kan, toh sebenernya dengan waktu 3 hari aja kita udah bisa selesaiin.

Itulah yang dilakukan oleh dosen pembimbing gue, sebenarnya deadline soft cover dari kampus masih sekitar 3 minggu lagi, tapi biar ga keteteran pas dimenit-menit terakhir, makannya dosen gue memajukan deadlinenya.
Thanks Pak, saya sekarang bener-bener paham The Power of Deadline 

The Power of Deadline


Oke sekian dari gue, gue udah mau kembali ke microsoft word, kasian skripsi gue udah meraung-raung minta ditulis lagi, hahahaha..
Tulisan ini gue juga post di blog gue. Buat yang suka ama tulisan ini, bisa bantu  dan share. Kalo mau share pengalaman mengenai deadline, bisa juga tinggalin jejak disini 

Sumber

Spoiler for Referensi
Referensi:
- andaka.com/hukum-parkinson-dalam-manajemen-waktu.php
- en.wikipedia.org/wiki/Parkinson’s_law
- charleschristian.wordpress.com/2008/07/02/deadliner-dan-parkinsons-law
- wiryasaputra.blogspot.com/2009/05/parkinsons-law.html

No comments:

Post a Comment

Manfaat & Peran PMS Bagi Suatu Perusahaan

Hola gan, bre, sist, nes, dan ho.. Apa kabar semuanya.. Semoga baik-baik aja ya.. To d'point aja ya gan. Tadi malam ane ngebuat trit ten...