Saturday, August 30, 2014

Bijaksana Dalam Memakai Kartu Kredit

Pemakaian secara bijaksana terhadap kartu kredit tentunya akan sangat membantu anda dalam pengelolaannya. Berikut tips bijaksana dalam mengelola kartu kredit.
  1. Gunakan kartu kredit hanya untuk keadaan yang sangat urgent dan sesuai kebutuhan.
  2. Jika memang lebih senang bertransaksi dengan uang plastik daripada cash, maka bayarlah tagihan full paymet dan hindari pembayaran tagihan minimum payment.
  3. Jangan tergiur dengan potongan harga / discount dari suatu produk / merchant jika barang / jasa tersebut tidak Anda butuhkan saat ini.
  4. Ketika Anda / keluarga harus berada dirumah sakit atau Anda melakukan perjalanan dinas / kantor maka kartu kredit sangat membantu jika perusahaan anda menerapkan tunjangan kesehatan dengan rembes.
  5. Jangan membawa semua kartu kredit ketika bepergian jika tidak diperlukan dan simpan ditempat yang aman..
  6. Jika kartu kredit dipakai untuk pembelian konsumtif gunakanlah fasilitas cicilan akan memudahkan pembayaran dengan masa cicilan 3,6,9 dan 12 bulan
  7. Jika memerlukan pinjaman yang lebih dari 5 juta sd 200 juta dan masa pembayaran lebih dari satu tahun,  gunakanlah KTA, plafon pinjaman disesuaikan dengan limit kartu kredit yang menjadi referensi dan pembayaran cicilannya disesuaikan juga dengan kemampuan bayar
  8. Untuk idealnya kartu kredit yang dipunyai adalah 2 saja atau boleh lebih dari dua sesuai kemampuan bayar.
  9. Jangan terlalu senang dengan bank yang memberikan limit besar, sesuaikan dengan kemampuan bayar.
  10. Untuk mendapatkan bunga lebih murah manfaatkan fasilitas transfer balance ke bank lain.
  11. Untuk menghindari iuran tahunan bisa juga pindahkan pinjaman ke bank lainnya yang memberikan fasilitas iuran gratis tahun pertama.
  12. Kartu kredit seperti pisau bermata dua yaitu akan berguna jika digunakan dengan tepat dan akan melukai jika menggunakannya dengan tidak hati-hati, gunakan kartu kredit sebijaksana mungkin.

No comments:

Post a Comment

Manfaat & Peran PMS Bagi Suatu Perusahaan

Hola gan, bre, sist, nes, dan ho.. Apa kabar semuanya.. Semoga baik-baik aja ya.. To d'point aja ya gan. Tadi malam ane ngebuat trit ten...