Friday, August 22, 2014

9 Manfaat Mandi Air Hangat


9 Manfaat Mandi Air Hangat

Air hangat yang disarankan untuk mandi adalah yang tingkat kehangatannya tidak membuat kulit tubuh merasa panas ketika digunakan (Foto :beautiesfactory.co.uk)

SATUHARAPAN.COM/LIFE - Banyak orang mandi air hangat hanya karena alasan tak mau kedinginan. Padahal, mandi air hangat manfaatnya. Tidak hanya soal menangkal hawa dingin, mandi air hangat juga baik untuk kesehatan dengan catatan air yang digunakan jangan terlalu panas. Sebab, air terlalu panas justru akan mengikis kepekaan kulit sehingga rentan gatal dan alergi. Demikian menurut dokter Elisabeth S.Indrayanti Sp KK kepada LIFESatuHarapan.com baru-baru ini. "Air hangat yang disarankan untuk mandi adalah yang tingkat kehangatannya tidak membuat kulit tubuh merasa panas ketika digunakan. Tetapi, air hangat yang pas adalah yang membuat tubuh merasa rileks ketika diguyur. Suhu yang disarankan untuk air hangat ini antara 32 hingga 35 derajat celsius," jelasn dr. Elisabeth.
Berikut ini adalah manfaat mandi air hangat bagi tubuh :
1. Membuka pori-pori tubuh. Pori-pori tubuh yang terbuka karena air hangat dengan sendirinya akan mudah membersihkan kotoran yang ada pada kulit tubuh. Hal ini dikarenakan air hangat membantu mengangkat minyak dan kotoran termasuk racun dari kulit tubuh.
2. Menghilangkan batuk. Hal ini karena air hangat membantu menghangatkan bagian luar tenggorokan.
3. Melancarkan aliran darah sehingga membantu mengatasi masalah migren atau sakit kepala.
4. Menghilangkan stres.
5. Menurunkan kadar gula darah hingga 13%. Mandilah air hangat selama 1,5 jam jika ingin menurunkan gula darah. Penelitian ini dipublikasikan di homedailyhealth.com.
6. Menyehatkan jantung karena tubuh tidak mengirim respons kaget ketika air terasa terlalu dingin atau terlalu panas.
7. Kualitas tidur menjadi lebih baik. Anda akan terbangun dengan kondisi tubuh yang segar.
8. Melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Peredaran darah yang lancar akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, juga akan menstabilkan suhu tubuh sehingga tidak mudah terserang influenza.
9. Menyehatkan kulit dan menjaga kelembabannya.
Nah, banyak bukan manfaat mandi air hangat? Ingat ya, airnya hangat, jangan sampai kepanasan.
Sumber 

No comments:

Post a Comment

Manfaat & Peran PMS Bagi Suatu Perusahaan

Hola gan, bre, sist, nes, dan ho.. Apa kabar semuanya.. Semoga baik-baik aja ya.. To d'point aja ya gan. Tadi malam ane ngebuat trit ten...