Saturday, August 30, 2014

Tips Aman Menggunakan Kartu Kredit

Kehadiran kartu kredit dalam kehidupan tak bisa dipungkiri memberi kemudahan dalam bertransaksi. Kita tak perlu lagi membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak kemana-mana terutama saat berbelanja. Kendati demikian Anda tetap harus berhati-hati dan menjaga keamanan dalam penggunaannya, sebab walau bagaimanapun kartu kredit adalah pengganti uang tunai Anda. Untuk meningkatkan keamanan dalam menggunakan kartu kredit, berikut ini kami hadirkan tips aman menggunakan kartu kredit :
tips aman menggunakan cc 300x200 Tips Aman Menggunakan Kartu Kredit
tips aman menggunakan CC
  1. Kartu kredit harus selalu berada dalam pengawasan Anda dan tidak boleh dipindahtangankan, termasuk kepada keluarga atau orang terdekat sekalipun. Kartu kredit juga tidak boleh ditinggalkan di dalam rumah ataupun kantor.
  2. Jangan pernah memberitahukan PIN Anda pada orang lain karena PIN bersifat rahasia dan hanya Anda yang mengetahui nomor PIN Anda.
  3. Jangan memberitahukan informasi data pribadi mengenai kartu kredit Anda, seperti nama gadis ibu kandung, masa berlaku kartu kredit, 3 ( tiga ) angka di belakang kartu ataupun limit kartu kredit Anda kepada pihak yang tidak berkepentingan.
  4. Bank tidak pernah mengirimkan petugas atau memberikan kuasa kepada pihak lain untuk mengambil kartu kredit dari nasabah yang merupakan penerima / pemegang kartu yang sah.
  5. Apabila bertransaksi di merchant, pastikan staff merchant dimana Anda bertransaksi langsung membawa kartu kredit Anda ke tempat kasir dan pastikan juga bahwa kartu kredit Anda tidak tertinggal di merchant.
  6. Sebelum menandatangani sales draft, pastikan jumlah transaksi yang tercetak di sales draf telah sesuai dengan jumlah transaksi yang Anda belanjakan.
  7. Apabila Anda bertransaksi di dunia maya (on-line), pastikan bahwa tempat Anda bertransaksi adalah tempat yang aman dari kemungkinan penyalahgunaan kartu kredit.
  8. Apabila Anda mendapatkan tawaran dari merchant dengan menggunakan telepon, surat ataupun internet, pastikan bahwa Anda telah mengetahui produk dan jasa yang ditawarkan sebelum Anda menyetujui dan memberikan nomor kartu kredit Anda kepada merchant tersebut.
  9. Apabila kartu kredit Anda hilang, segera melapor ke Card Center penerbit kartu kredit tersebut agar kartu kredit Anda segera di blokir. Hal ini untuk menghindarkan Anda dari penagihan atas transaksi yang tidak Anda lakukan. Selama Anda tidak melaporkan kehilangan kartu kredit kepada bank penerbit, maka transaksi yang terjadi akan menjadi tanggung jawab Anda sebagai pemegang kartu kredit.
  10. Apabila kartu kredit Anda hilang di luar negeri, maka Anda dapat menghubungi kantor perwakilan Visa International atau MasterCard yang ada di negara tersebut.
  11. Apabila terdapat tagihan yang tidak sesuai, segera laporkan kepada Card Center bank penerbit kartu kredit Anda selambat-lambatnya 30 hari sejak tanggal cetak lembar tagihan. Apabila setelah 30 ( tiga puluh ) hari tersebut, ternyata tidak ada pengaduan dari Anda maka tagihan Anda dianggap telah sesuai.

No comments:

Post a Comment

Manfaat & Peran PMS Bagi Suatu Perusahaan

Hola gan, bre, sist, nes, dan ho.. Apa kabar semuanya.. Semoga baik-baik aja ya.. To d'point aja ya gan. Tadi malam ane ngebuat trit ten...