Tuesday, August 12, 2014

Apakah itu skor kredit? (Only Kreditur)

Skor kredit adalah angka yang diberikan untuk setiap individual dan digunakan oleh para kreditur untuk menentukan kemampuan ente untuk membayar.

Apakah itu skor kredit?  – DompetPintar.com 

Banyak orang yang berpikir bahwa mereka tidak mempunyai skor kredit. Kenyataannya adalah, asalkan ente mempunyai rekening bank atas nama ente, pernah mengajukan aplikasi kartu kredit, KPR atau pinjaman uang kuliah, ente mempunyai skor kredit.

Skor kredit yang rendah mengindikasikan kalau ente memiliki risiko tinggi sehingga tingkat bunga pinjaman yang diberikan akan lebih tinggi untuk menutup risiko kreditur jika ente gagal membayar. Dengan kata lain, ente harus berusaha mempertahankan skor kredit yang tinggi. Skor kredit berkisar antara 300 – 850. Skor di atas 720 menunjukkan bahwa ente berada di zona  yang aman dan ente dapat mendapatkan kredit dengan mudah, sedangkan dengan skor di bawah 640, ente akan mempunyai kesulitan untuk mencari kredit.

Tips untuk meningkatkan skor kredit
  • Membayar tagihan tepat waktu
Tagihan-tagihan yang tidak terbayar maupun keterlambatan pembayaran tagihan akan dicatat oleh pihak kreditur. Contohnya jika ente sering telat membayar tagihan kartu kredit ente, perusahaan kartu kredit akan melaporkan utang ente kepada pihak bank yang mengakibatkan penurunan skor kredit ente. Lalu, ketika Anda ingin mengajukan KPR, pihak bank akan melihat skor kredit ini dan membuat keputusan dalam menentukan tingkat bunga dll. Jadi, usahakan  untuk mulai membayar tagihan ente sekarang karena semua catatan transaksi ente akan dianalisa, terutama transaksi-transaksi yang terbaru.

  • Kurangi Utang
Selain membayar tagihan tepat waktu, ente juga harus mengurangi utang ente. Bagi yang memiliki lebih dari 1 kartu kredit, ente dapat mempertimbangkan untuk memindahkan saldo tagihan ke kartu kredit dengan bunga yang lebih rendah. Namun, ente harus cari tahu terlebih dahulu apakah kartu kredit tersebut menawarkan transfer balance.
  • Hindari pengajukan beberapa kredit secara bersamaan
Lembaga keuangan bisa menurunkan nilai kredit nte jika ditemukan beberapa transaksi kredit  yang berkaitan  dilakukan dalam waktu berdekatan.
Seperti  buku rapor di sekolah,  skor kredit itu melaporkan nilai ente dalam mengatur keuangan.  ente akan merasa senang dan bangga atas usaha ente dengan  nilai yang semakin tinggi. Oleh karena itu, lunasi hutang, tagihan dan periksa laporan keuangan ente secara rutin supaya nilai skor kredit ente tetap tinggi.


itu ajah dulu gan, yang mau nambahin silahkan komen, nanti kalo ane dapet ilmu lagi tentang skor kredit, ane perbaharui di sini.

thanks.



No comments:

Post a Comment

Manfaat & Peran PMS Bagi Suatu Perusahaan

Hola gan, bre, sist, nes, dan ho.. Apa kabar semuanya.. Semoga baik-baik aja ya.. To d'point aja ya gan. Tadi malam ane ngebuat trit ten...