Friday, November 1, 2013

Tips Berhemat untuk Karyawan Muda (Eksmud Masuk 17-29 thn)

Apakah Anda baru saja menyelesaikan masa-masa menjadi pelajar dan sekarang mulai dan mencari nafkah sendiri? Transisi dari bangku sekolah/ kuliah, menjadi karyawan muda dan hidup terlepas dari orang tua memang tidak mudah, namun jangan khawatir, jika Anda pandai mengatur pengeluaran dan keuangan Anda, pasti bisa survive kok. Ayo simak beberapa cara untuk tetap hidup hemat sebagai karyawan muda. 


 
7 Tips Berhemat untuk Karyawan Muda :

1.     Tentukan jatah pengeluaran (budget) Anda per bulannya

Tentu rasanya bangga dan puas setelah berhasil mendapatkan pekerjaan Anda dan memulai tahap hidup sebagai karyawan baru. Janganlah Anda menghamburkan gaji pertama Anda, buatlah perencanaan keuangan: berapa persen dari gaji yang akan Anda tabung, berapa persen yang dialokasikan untuk makanan, transportasi, hiburan dan permbayaran tagihan. Sebaiknya, Anda memiliki minimal 2 rekening untuk tabungan Anda: 1 untuk pengeluaran sehari-hari, 1 lagi untuk tabungan yang tidak boleh Anda sentuh (tidak boleh melakukan transaksi dari rekening ATM yang satu ini). Untuk mengetahui bagaimana komunitas DompetPintar mengatur pengeluaran pribadi mereka setiap bulannya,

2.     Bawa makanan dari rumah

Daerah perkantoran seringkali dikelilingi dengan tempat makan dengan standar yang lebih tinggi dan bisa memberatkan kantong. Untuk mengatasi hal ini, ada baiknya apabila Anda menyiapkan bekal makan siang dari rumah. Selain lebih sehat, Anda juga akan terkejut dengan berapa banyak yang bisa Anda hemat dari makanan saja.    
3.     Gunakan jasa transportasi / kendaraan umum

Dibanding memiliki mobil/motor sendiri, ditambah biaya bensin, pasti akan jauh lebih hemat jika memanfaatkan alat angkutan umum. Terlebih, untuk para karyawan muda yang tinggal di daerah Jakarta, pasti banyak yang bersyukur akan kehadiran Transjakarta. Pasalnya, alat transportasi ini memang cukup memiliki standar yang baik, dan terus berkembang untuk menghubungkan daerah-daerah utama di ibukota.

4.     Ikut mobil / motor teman

Untuk Anda yang tinggal di daerah tidak terlalu ramai kendaraan umum, ada baiknya jika Anda dan teman-teman sekantor mengadakan car pooling, yaitu dimana beberapa orang janjian untuk ikut mobil teman untuk berangkat / pulang kerja bersama. Sehingga Anda bisa sharing biaya bensin, atau biaya jalan tol. Tentu lebih hemat dan semua senang.

5.     Gunakan kartu kredit – manfaatkan promo2 dan hati-hati jangan sampai bablas dalam transaksi
Jangan langsung mengernyitkan dahi saat mendengar “kartu kredit”, karena bila dimanfaatkan dengan benar, banyak manfaatnya lho. Untuk acara makan malam dan hiburan, Anda malah bisa lebih hemat dengan kartu kredit dibanding membayar tunai. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang kartu kredit
 
6.     Manfaatkan jasa free Wi-fi untuk internet

Sebagai karyawan muda, Anda ingin memberikan image dan performa terbaik dalam pekerjaan Anda, seringkali lembur dan rumah sering terasa hanya bagaikan tempat tidur, di mana Anda pergi pagi dan pulang sudah larut malam. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda tidak berlayanan internet di rumah, manfaatkan fasilitas free WiFi spots yang ada di berbagai mall, kafe atau gedung kantor. Coba cek situs ini untuk daftar tempat-tempat free wifi hotspots di Indonesia: wificafespots.com
 
7.     Cari pekerjaan yang memiliki dan coba bernegosiasi untuk paket tunjangan

Ada perusahaan yang memberikan fasilitas tunjangan seperti asuransi kesehatan atau tunjangan makanan pokok / sembako kepada karyawannya, coba tanyakan kepada bagian SDM atau cari tahu lebih lengkap sebelum Anda menerima pekerjaan Anda. Tidak ada salahnya bukan, untuk berhemat sebagai karyawan muda?
 
Itulah beberapa tips dari DompetPintar supaya Anda sebagai karyawan muda bisa tetap hidup hemat. Semoga berguna bagi Anda!


No comments:

Post a Comment

Manfaat & Peran PMS Bagi Suatu Perusahaan

Hola gan, bre, sist, nes, dan ho.. Apa kabar semuanya.. Semoga baik-baik aja ya.. To d'point aja ya gan. Tadi malam ane ngebuat trit ten...