Monday, February 10, 2014

Ternyata Begadang berpengaruh pada kesehatan otak

Dampak begadang bagi otak

Waktu malam adalah waktu bagi manusia untuk beristirahat dan memejamkan mata. Tetapi banyak orang yang mempergunakan waktu malamnya untuk hal yang tidak bermanfaat. Dan menggunakan waktu siangnya hanya untuk tidur. Padahal pada siang hari seharusnya kita beraktivitas sebagaimana mestinya.

Terkadang ada yang begadang karena penyakit insomnia, ada yang karena memang hoby, dan ada juga yang sedang mengerjakan pekerjaan yang menumpuk. Tanpa kita sadari begadang ini berpengaruh pada kesehatan otak kita.

Menurut sebuah study baru dari pusat medis university of rochester medical center, maiken nedergaard M.D, D.M.Sc, Saat kita tertidur pulas, otak akan bekerja membuang racun dari syaraf yang menempuk saat kita beraktivitas di siang hari. Jika kita begadang dan terus begadang, maka racun ini akan menumpuk dan mengakibatkan penyakit alzheimer ataupun kelainan otak lainnya.

Otak akan menciut 60% saat kita tertidur. Sehingga cairan pada tulang otak belakang akan mengalir dengan lancar. Cairan ini memiliki fungsi untuk menyaring racun-racun yang ada di otak yang selanjutnya akan di alirkan ke darah dan di saring kembali di hati dan di edarkan kembali.
Proses ini tidak akan berjalan lancar saat kita beraktivitas, dengan kata lain tertidur pulas lah yang akan membantu proses ini berjalan lancar. Lalu bagaimana dengan mereka yang mempergunakan waktu malamnya untuk beraktivitas ? Tentu akan berakibat buruk untuk otak an tubuhnya.

Dampak dan pengaruh begadang mungkin tidak akan di rasakan saat tubuh masih kuat dan masih muda, Tapi percayalah, dampak tersebut mulai terasa saat umur telah tua. Penyesalan tidak ada yang timbulnya di awal. Selalu di akhir. Untuk itu cegahlah penyesalan itu secepat mungkin. Agar kita di hari yang tua kelak dapat hidup sehat.

No comments:

Post a Comment

Manfaat & Peran PMS Bagi Suatu Perusahaan

Hola gan, bre, sist, nes, dan ho.. Apa kabar semuanya.. Semoga baik-baik aja ya.. To d'point aja ya gan. Tadi malam ane ngebuat trit ten...