Sunday, March 10, 2013

Pentingkah Sekolah ? (Menurut Deddy Corbuzier)


Quote:Original Posted By TS GAK

Pentingkah Sekolah?

Melalui jejaring sosial berbasis audio tersebut Deddy mengemukakan pendapatnya yang diberi judul “Pentingkah Sekolah?” dengan durasi selama 10 menit 07 detik. Deddy mengakui bahwa pernyataannya tersebut pernah menjadi kontroversi terutama bagi guru-guru dan kepala sekolah karena dianggap pro siswa. Mungkin jika anda mendengarkannya saat ini, anda juga akan berpendapat yang sama. Namun jika dipikir lebih dalam sangat masuk akal. Ia berpendapat bahwa ada yang salah dengan sekolah dan sistem pendidikan saat ini. Ia bahkan mengatakan masa depan tidak ditentukan oleh sekolah, masa depan ditentukan bagaimana kita bersosialisasi dan memiliki pengetahuan tentang hal yang kita sukai yang dapat didapat dari berbagai sumber. Namun Deddy tidak mengatakan kalau sekolah itu tidak penting.

Menurut Deddy, sekolah hanya mengarahkan murid untuk menjadi guru dalam artian guru ingin murid menjadi sepandai gurunya. Guru matematika ingin muridnya pintar matematika, begitu juga guru-guru yang lain. Apabila ada 12 mata pelajaran, maka siswa dituntut untuk menguasai semua mata pelajaran tersebut dengan baik, padahal tidak ada manusia yang sempurna. Lha wong gurunya juga hanya expert pada satu bidang studi saja, kok siswanya dituntut untuk menguasai semua. Apabila ada anak yang mempunyai nilai bagus di mapel kesenian sedangkan nilai matematikanya jelek maka banyak orang tua yang justru mengarahkan anaknya untuk les matematika dibanding les seni. Potensi yang dimiliki anak justru dimatikan hanya untuk mengejar mapel yang mungkin tidak disukai anak. Sebaiknya anak les seni sedangkan matematika dibantu hanya untuk mencapai nilai secukupnya. Untuk lebih jelasnya bisa mendengarkan souncloudnya Deddy Corbuziernya di sini

Mungkin banyak guru maupun orang tua yang tidak setuju dengan pernyataan Deddy Corbuzier tersebut. Namun jika dilihat faktanya, memang pendidikan di Indonesia memang hanya mengedepankan kognitif terutama kecerdasan matematis. Padahal menurut Edward Gardner ada 8 macam kecerdasan pada manusia yaitu kecerdasan lingustik, kecerdasan matematis-logis, kecerdasan spasial, kecerdasan kinestetis jasmani, kecerdasan musikal, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, dan kecerdasan naturalis. Hal ini menjadi salah satu alasan yang mendasariku menolak sistem Ujian Nasional, karena Ujian Nasional belum bisa mengakomodasi potensi anak yang berbeda-beda.

Pendapat TS
Quote:It's Right Master Deddy !!,
Kenapa menurut saya benar ? karena itu terjadi dalam Kehidupan saya. Dari SD sampai SMP. saya tidak pernah Ranking. mungkin Faktor kemalasan saya belajar. dan itu pun berlanjut pada SMK. tapi saya Ingin membanggakan Orang Tua dengan Nilai Bagus.
So saya terus mengerjakan tugas Sebagus-Bagusnya. tapi Omong Kosong dengan Pengajaran Di Sekolah. saya tidak mendapat ilmu apa-apa. kecuali apa yang saya senangi. dan Hanya Menghafal saya bisa dapat Nilai Bagus Saat Ulangan tapi saya tidak mengerti apa yang saya Pelajari. Tapi Saya Rangking.dan Ranking itu di dapat dari Menghafal Bukan "BISA"

Dan Ini terjadi Dalam Keluarga saya , Tepatnya Bapak Saya.
Ibu Saya Selalu berkata, bapakmu pintar. Nenek saya pun selalu berkata Bapakmu Pintar. Nenek saya bercerita bahwa Rapot Bapakmu Selalu di Lihat Oleh Nenek. dan Nenek Terkejut bahwa Nilainya It's Realy-Realy Amazing. tak ada yang di bawah 90 . dan paling mengesankan itu B.Inggris 100.
So ? tapi dalam kehidupan sehari-hari saya tidak pernah mendengar bapak saya mengucapkan bahasa Inggris. tapi saya hanya melihat dia bisa menulis/mengetik dalam bahasa inggris dengan kata - kata yang baik. mungkin pernah mendapatkan di sekolah-sekolah.
And My Father adalah Mantan Anggota DPRD. tapi I'm Not Happy. Setelah menjadi "MANTAN" bapak saya sampai saat ini Menganggur. So It's Right Kata Deddy Corbuzier "Pintar Di Sekolah, Bukan Berarti Sukses di Masa Depan". So Kita Renungkan. dengan Hati.

No comments:

Post a Comment

Manfaat & Peran PMS Bagi Suatu Perusahaan

Hola gan, bre, sist, nes, dan ho.. Apa kabar semuanya.. Semoga baik-baik aja ya.. To d'point aja ya gan. Tadi malam ane ngebuat trit ten...