Wednesday, December 2, 2015

Hati-hati gan! Inilah Bahaya Penggunaan Headphone Secara Berlebihan


Quote:Pada waktu kita merasa jenuh dan bosan karena tidak ada kegiatan, kita seringkali mengalihkan perhatian kita dari dunia dan memfokuskan untuk menenangkan diri mendengar musik favorit kita. Dengan cara yang beragam untuk mendengarkan musik, penggunaan headphone adalah yang paling favorit. Tanpa sadar kita telah menurunkan kemampuan pendengaran kita dengan penggunaan hedphone secara berlebihan.

Beberapa orang bahkan tidak memikirkan lebih jauh bagaimana efek samping dari penggunaan headphone ini. Untuk itu saya akan coba membahas tentang beberapa efek samping dan saran penanggulangan bahaya penggunaan headphone secara berlebihan.



Spoiler for Mana yang Lebih Buruk Dampaknya, Earphone atau Headphone?
Quote:

Quote:Sangat jelas pastilah earphone yang lebih buruk dampaknya. Karena earphone yang bentuknya kecil ini akan lebih rapat menutup telinga kamu ketimbang headphone yang hanya menutup telinga di bagian luarnya saja. Sebelum saya membahas apa saja berbagai efek sampingnya, akan saya beri penjelasan terlebih dahulu ya. Kebiasaan kita yang satu ini tanpa kita sadari dapat menjadikan telinga cedera. Hal ini dapat terjadi jika kita menggunakan headphone dengan volume yang tinggi. Berdasarkan penelitian, efek buruk datang jika menggunakan earphone selama lima jam dalam seminggu. Dampaknya adalah kerusakan permanen pada telinga, kemungkinan terbesar hal itu terjadi pada usia muda.

Quote:

“Saat ini mungkin dampaknya belum terlihat, namun kelak akan terasa. Mendengarkan pemutar musik personal secara reguler dalam volume tinggi ketika muda sering kali tidak berdampak pada pendengaran. Namun, kelak kemampuan mendengar bisa menghilang", jelas salah seorang peneliti pada International Herald Tribune.


Quote:Quote:
dampak negatif penggunaan earphone/headphone Secara Berlebihan


1. Kerusakan permanen pada telinga

Kamu bisa mengalami hal ini jika telinga kamu sudah tidak kuat lagi menahan tingginya tingkat volume pada headphone kamu. Terlebih jika kamu menggunakan earphone (yang kecil). Akan berdampak lebih buruk tentunya karna tipe earphone lebih menutup telinga sehingga telinga kamu akan sangat rapat dan kedap terhadap suara di luar.

2. Kehilangan pendengaran di usia 20-an

Berdasarkan penelitian, efek penggunaan earphone atau headset yang berlebih ini memang tidak akan langsung terasa akibatnya. Kerusakan pendengaran jika menggunakan headset atau earphone yang berlebihan ini akan muncul secara perlahan. Biasanya efek akan mulai terasa di usia 20-an. Di usia itu si penderita akan mulai kehilangan pendengarannya.

3. Kerusakan otak

Gelombang elektromagnetik akibat earphone atau headset ini diduga berpengaruh terhadap listrik otak. Terbukti gelombang elektromagnetik ini berpengaruh pada listrik otak seekor tikus. Namun, hingga saat ini belum diketahui seberapa besar efek dari gelombang elektromagnetik itu pada otak manusia. Tapi yang jelas kamu harus tetap waspada ya.

4. Pengaruh ke ambang pendengaran

Paparan musik dengan earphone atau headset dapat mempengaruhi ambang pendengaran manusia. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, penurunan pendengaran akan berlangsung secara perlahan jika kamu menggunakan headphone ataupun earphone dengan volume yang tinggi dan dalam waktu yang lama. Untuk itu kamu harus menggunakan earphone atau headset ini sesuai kebutuhan saja, jangan berlebih. Mengenai tingkat suara, suara tingkat ringan untuk dewasa berada antara 25 hingga 40 desibel, sedangkan anak-anak 20 hingga 40 desibel. Bertingkat semakin tinggi hingga suara terberat berkualitas 90 desibel atau lebih yang masih dapat didengar.

5. Menyebabkan jerawat pada area sekitar telinga

Pada beberapa kasus, banyak orang yang mengaku berjerawat di area sekitar telinga. Memang sepertinya bukan jerawat tapi mirip seperti jerawat karna akan terasa sakit bila ditekan.


Spoiler for Lalu Bagaimana Pencegahannya?
Quote:PERTAMA
Quote:
Hindari penggunaan headphone di tempat yang ramai karena otomatis kamu akan meningkatkan volume melebihi ambang batas karena suara bising di luar.


KEDUA
Quote:
Batasi penggunaan earphone ataupun headphone. Pastinya kamu sering nggak sadar berapa lama kamu mendengar musik lewat headphone kan? Untuk itu mulai sekarang harus lebih dibatasi ya.


KETIGA
Quote:
Lebih baik jika kamu beralih menggunakan headphone (yang besar) ketimbang kamu menggunakan earphone (yang kecil). Karna jika kamu menggunakan earphone telinga kamu akan lebih tertutup rapat.


KEEMPAT
Quote:
Jangan menggunakan earphone ataupun headphone dalam keadaan di cas pada saat tidur karena bisa saja terjadi konsleting pada handset/headphone. Hal ini sering dialami oleh kebanyakan orang dan dalam suatu kasus penggunaan earphone sambil di cas pada saat tidur telah merenggut nyawa.


Itulah beberapa bahaya penggunaan headphone dan earphone. Semoga setelah membaca ini kamu bisa lebih mempertimbangan dalam penggunaan earphone ataupun headphone ya. Akan lebih baik lagi jika kamu mendengarkan musik menggunakan speaker supaya intensitas suara yang kamu dapatkan lebih kecil daripada menggunakan headset ataupun headphone. Sekian tips dari saya semoga bermanfaat




komen pilihan dr agan2"

Quote:Original Posted By rickikuuga 
Ane sering pake headphone gan, sekarang ane udh mulai tuli, tuli kalo ada orang nagih utang manggil 

Quote:Original Posted By gogorizqal 
jangankan headphone atau earphone gan, kuping kita kalo terlalu sering mendengar sesuatu yang bising nanti juga bisa rusak..
contohnya kaya nelayan dengan bunyi mesin kapal, montir dengan bunyi bunyian mesin dll..
untuk pekerjaan yang sering berhadapan dengan headphone atau kebisingan disarankan untuk menggunakan earplug
ane pertama kali tahu dari youtubenya DJ Ravine saat itu dia cerita kalo dia mau main di sebuah club biasanya dia bawa earplug 
jadi saat datang sebelum manggung dan setelah manggung selama masih dalam lingkup kebisingan tinggi doi pake tuh earplugnya..
bener bener pas dia mau manggung baru tuh dia lepas.. katanya kalo lagi dirumah juga dia sering pakai..
dengan menggunakan earplug kita seperti mengistirahatkan telinga kita.. 
ga perlu takut ga bisa denger ketika pakai earplug, ane udah coba dan sama sekali nggak ganggu.. cuma agak mendem aja rasanya..

ini contoh gambar earplug, biasanya dipakai kalo naik pesawat..

Spoiler for earplug



jadi kalo merasa intensitas mendengarkan musik via headphone, earphone, speaker tinggi... bisa dicoba treatment memakai earplug ini

Quote:Original Posted By rock2steel 
ane pake earphone kalo pas ngebokep aja gan

Quote:Original Posted By aguzkillmz 
Besok" pake speaker aja deh biar aman tapi di tempelin kuping kanan kuping kiri 

Quote:Original Posted By zxrickyjack 
ane audiophile juga main portable dan setuju sama thread ini, pada intjinya telinga manusia gak bs denger suara lebih dr 100 db (desibel) lebih dr 30 menit, dan tdk boleh denger suara lebih dr 80 db lebih dr 2 jam, karena bs memberi kerusakan permanen pada telinga

tadi secara teori, fakta di lapangan kalo pakai iem ato earphone yg ada ujung karetnya (eartips) akan lebih kedap suara drpd earbud yg enggak masuk ke telinga (contoh earpod punya iphone ato earphone blackberry) sehingga sesuai thread di atas bila saat keramaian butuh volume besar yang sangat bahaya buat telinga kita, kalo kepala atau telinga sudah merasa tdk enak (ear fatigue) rasanya seperti kemeng di telinga, harap segera dilepas earphone atau headphonenya karena itu berarti lagu yg kita lutar volumenya sudah terlalu kencang, sebaiknya hentikan pemakaian dan istirahat sebentar, sebaiknya malah tdk dipakai di keramaian, saya sendiri pakai earphone paling volume sekitar 20% di iphone saya kalo di keramaian, memeang suara yg dihasilkan tdk terlalu bagus tp masih enak buat dengar musik, karena di keramaian tdk bagus buat critical listening (denger lagu sampai diperhatikan separasi, soundstage, detil, vokal, kuantitas bass, dsb)




ini komen para kaskuser yg telah menyesal memakai handset 30 ribuan

Quote:Original Posted By dery18 
telinga ane jadi berdengung sebelah gan gara" kebanyakan memakai earphone jadi kalo mendengar jadi rada susah padahal umur masih dibawah 20 tahun

Quote:Original Posted By errorprocessor 
Dah terlanjur gan.orang manggil masih kedengeran tapi kedengeran ngga jelas.harus ngeliat mulut orang yang lagi ngomong

Quote:Original Posted By wei203 
jerawat... ane sering itu gan sampe sebesar gigitan nyamuk dan mesti di keluarin ama dokter pake piso  
dan gangguan pendengaran / pendengaran berkurang itu benar sekali , telinga kiri ane 50% lebih tuli dari telinga kanan , dan kalau terlalu hening bakalan kedengaran suara denging ( tinnitus )

Quote:Original Posted By Patriot12 
telinga ane rusak 
gegara suka pake earphone +5thn ,ane sering kencengin poll #lagi stress puter mp3
maksud biar dapet fell,,bass  sekarang ane nyesel  
kalo orang ngajak ngobrol suaranya pelan
ane cuma bisa ngangguk,ngangguk aja  
habis malu banget  
kalo misal ane ngomong
"apa ? apa ? gimana ? gak kedengeran ? ente ngomong apa ?  
hancur sudah  
parahnya kalo ane lagi ngunyah makanan
trus ada yg ngajak ngobrol
wah itu suara apapun dari luar ga masuk  #ga tau kenapa  
cuma bisa denger suara kunyahan makanan dari dalam mulut  

#page one min biar pada ga ngalami kaya ane 

Quote:Original Posted By dedeyonata 
Wah ada benernya gan, ane pengguna juga. efek awal berdengung (yang ane rasain).
makasih gan inponya, gw kudu ngurangi penggunaannya nih 

Sumber Refrensi : http://www.kaskus.co.id/thread/565e5fba507410157f8b4568/?ref=forumlanding&med=hot_thread

No comments:

Post a Comment

Manfaat & Peran PMS Bagi Suatu Perusahaan

Hola gan, bre, sist, nes, dan ho.. Apa kabar semuanya.. Semoga baik-baik aja ya.. To d'point aja ya gan. Tadi malam ane ngebuat trit ten...