Tuesday, April 8, 2014

7 Tips Menggunakan Kredit Untuk Usaha

7 Tips Menggunakan Kredit Untuk Usaha
Anda sudah mendapatkan kredit usaha dari lembaga keuangan seperti bank? Jika iya, manfaatkan baik-baik dana segar yang Anda dapat tersebut untuk mengembangkan usaha Anda. Jangan sampai kredit tersebut justru menjadi beban atau malah membuat usaha Anda terpuruk.
Agar itu tak sampai terjadi, praktekkan tujuh tips menggunakan dana kredit usaha berikut ini.
  1. Hanya gunakan untuk usaha!
    Jangan sekali-kali menggunakan kredit usaha yang Anda dapatkan untuk keperluan lain, apalagi keperluan yang bersifat konsumtif.
    Penggunaan dana kredit yang tidak sesuai, bukan saja berbahaya bagi kelangsungan usaha Anda. Tapi juga berbahaya bagi kredibiltas Anda selanjutnya. Sekali kredit Anda bermasalah, selanjutnya Anda akan kesulitan untuk mendapatkan kredit serupa.
  2. Tahu rencana penggunaannya.
    Bahkan sebelum Anda mengajukan kredit, Anda harus sudah tahu untuk apa saja penggunaan dana tersebut. Kejelasan penggunaan dana tersebut akan membuat Anda lebih fokus untuk menggunakan dana tersebut sesuai kebutuhan.
  3. Buat detail.
    Selain tahu penggunaannya, sebaiknya rinci juga rencana pengembangan usaha tersebut secara detail. Misalkan untuk membeli mesin sekian juta, untuk membeli bahan baku sekian, dan seterusnya. Detail diperlukan agar alokasi dana bisa sesuai.
  4. Bayar cicilan.
    Jangan lupa untuk selalu membayar cicilan kredit tersebut tepat waktu. Ini sangat baik untuk membangun kredibilitas Anda di mata bank.
  5. Awasi keuangan usaha.
    Selalu pantau keuangan usaha Anda. Memantau keuangan ini penting. Sebab pada banyak kasus, sering kali usaha bangkrut karena pengelolaan keuangan usaha yang buruk. Karena itu, selalu pantau sisi keuangan usaha Anda.
  6. Hemat.
    Atur baik-baik dana kredit usaha Anda tersebut. Jangan dihambur-hamburkan! Ingat bahwa dana kredit tersebut adalah hutang. Karena itu, gunakan dana itu secara hemat dan efektif.
  7. Buat antisipasi.
    Siapkan rencana B untuk antisipasi jika usaha Anda ternyata tidak berjalan sesuai rencana. Anda harus pikirkan sejak awal bagaimana cara agar kredit Anda tersebut tidak sampai macet. Hitung semua faktor resiko yang mungkin muncul dan buat antisipasinya. Antisipasi dini diperlukan agar jika kemungkinan terburuk terjadi, Anda tak kaget menghadapinya.

No comments:

Post a Comment

Manfaat & Peran PMS Bagi Suatu Perusahaan

Hola gan, bre, sist, nes, dan ho.. Apa kabar semuanya.. Semoga baik-baik aja ya.. To d'point aja ya gan. Tadi malam ane ngebuat trit ten...